Alasan Kaca Pengemudi Bus Masih Pakai Model Geser

Kompas.com - 03/04/2020, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPower window merupakan fitur yang biasa pada ada di mobil. Setidaknya sisi pengemudi mobil mendapatkan fitur power window yang otomatis turun dan naik dengan sekali tekan.

Namun fitur tersebut tidak ada pada bus. Walaupun bus di Indonesia saat ini sudah memiliki kualitas yang bagus dan tampilan yang keren, tetap saja kaca pada pengemudi bus dioperasikan secara manual.

Padahal fitur power window di bus bisa memudahkan pengemudi ketika ingin membayar tol. Tinggal menekan tombol, kaca bisa turun dan naik sesuai keinginan dari pengemudi.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Taksi Bisa Langsung Upgrade?

Salah seorang pengemudi bus Transjakarta koridor 13 rute Ciledug-Tendean, Abdul Chakim. KOMPAS.com/JESSI CARINA Salah seorang pengemudi bus Transjakarta koridor 13 rute Ciledug-Tendean, Abdul Chakim.

Lalu mengapa pada kaca pengemudi bus masih menggunakan kaca geser yang dioperasikan secara manual?

Werry Yulianto, Export Manager dari Karoseri Laksana di Ungaran, mengatakan, penggunaan kaca geser pada bagian pengemudi bus dilakukan karena faktor harga dan perawatannya.

“Penggunaan kaca model geser di bus ya biar murah dan bebas dari perawatan,” ucap Werry kepada Kompas.com, umat (3/4/2020).

Baca juga: Duel Ninja 250, R25 dan CBR250RR di Bursa Motor Bekas, Mana Paling Laris?

Bus yang merupakan kendaraan komersil, semua bagian kecil bisa diperhitungkan. Menggunakan kaca model geser bisa mengurangi biaya dalam perawatannya. Jadi Perusahaan Otobus (PO) tidak perlu khawatir jika ada masalah pada kaca pengemudi bus.

“Karoseri juga untuk sementara belum bisa memasang fitur power window pada bagian kaca pengemudi. Jadi pakai model geser saja,” kata Werry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.