Duel Ninja 250, R25 dan CBR250RR di Bursa Motor Bekas, Mana Paling Laris?

Kompas.com - 03/04/2020, 06:32 WIB
Kawasaki Ninja 250 KOMPAS.com/GilangKawasaki Ninja 250
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor sport kelas seperempat liter merupakan segmen yang unik di Indonesia. Segmen ini cukup bergengsi, karena harga motornya mahal dan punya aura sporti seperti motor sport berkubikasi besar.

Di kelas ini pemainnya tidak terlalu banyak, dan didominasi oleh merek Jepang. Nama-nama favorit, yaitu Kawasaki Ninja 250, Yamaha YZF-R25 dan Honda CBR250RR. Ada juga merek Eropa, KTM RC250.

Baca juga: Motor Drag Impian, Kawasaki Ninja 2-Tak Bermesin Ganda

Memiliki tampilan sporti lengkap dengan fairing, motor sport 250cc merupakan "obat ganteng" para bikers. Oleh sebab itu, tak sedikit yang menjadikannya idaman. Jika belum sanggup beli baru, maka bekasnya tak mengapa.

KompasOtomotif-Honda CBR250RR edisi spesial meluncur di GIIAS 2017.Donny Apriliananda/KompasOtomotif KompasOtomotif-Honda CBR250RR edisi spesial meluncur di GIIAS 2017.

Setiap model pun punya ''fan boy'' tersendiri yang cukup fanatik. Hal itu pun merasuk hingga ke bursa motor bekasnya. Walaupun harus diakui, di pasarmtor seken ''serangan Ninja'' yang paling mendominasi.

Wira Gunawan, dari diler Wira Mandiri Motor di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, Ninja 250 punya keunggulan dari desain. Konsumen terlanjur kepincut, apalagi Ninja yang mempopulerkan motor sport 250cc.

"Selain itu, di kelas 250 cc kan memang Kawasaki duluan yang meluncurkan Ninja 250. Jadi, orang-orang mungkin sudah lebih dulu percaya pada Kawasaki," kata Wira kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Dampak WFH, Diler Mobil Bekas Fokus Jualan Online

Yamaha YZF-R25 di tes Kompas.comKompas.com/Setyo Adi Yamaha YZF-R25 di tes Kompas.com

Hal senada diungkapkan, Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang mengatakan, Ninja 250 masih lebih banyak peminatnya di pasar motor bekas.

"Sebenarnya itu selera masing-masing, tapi kalau lihat pasarnya, Ninja masih paling diminati. Biar bagaimana pun, Ninja itu sudah punya citra tersendiri," ujar Darwin.

Darwin menekankan pada selera, sebab harga motor bekas ketiganya memang tidak beda jauh. Walaupun sebetulnya Ninja 250 bukan yang paling mahal, melainkan di tengah-tengah.

Contoh CBR250RR 2018 saat ini dibanderol kisaran Rp 55 juta. Kemudian Ninja 250 tahun sama ini pasarannya Rp 53 jutaan. Sedangkan R25 2018 yang paling murah pasarannya Rp 42 jutaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X