Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2020, 07:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Sepeda motor dengan mesin dua langkah atau dua tak, sudah lama tidak dijual lagi di Indonesia. Meski begitu, motor yang masih menggunakan oli samping ini masih tetap banyak peminatnya.

Pamor motor dua tak memang semakin moncer akhir-akhir ini. Apalagi, dengan adanya Yamaha RX-King Special Edition (SE) yang berhasil dijual dengan banderol sampai Rp 150 juta.

Harga selangit untuk motor lawas ini tidak hanya terjadi pada motor berjuluk raja jalanan itu. Ada motor bebek yang juga ditawarkan dengan harga fantastis, yakni mencapai Rp 150 juta.

Adalah Yamaha 125Z lansiran 2000 milik Henry warga Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Pria yang hobi berburu motor lawas ini mengaku motor tersebut sangatlah istimewa.

Baca juga: Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Begini Caranya

Selain kondisinya yang masih full orisini,  kilometernya juga baru 1.000-an atau low  kilometer. Bahkan bisa dicek keaslian speedometer maupun pada komponen yang lainnya.

Kondisi blok mesin kanan yamaha 125z yang masih tertempel stiker dari dileristimewa Kondisi blok mesin kanan yamaha 125z yang masih tertempel stiker dari diler

“Motor ini memang sangat langka, dahulu kalau tidak salah hanya beredar antara tahun 2000 sampai dengan 2003 saja, setelah itu tidak diproduksi lagi,” kata Henry kepada Kompas.com, Selasa (10/3/2020).

Henry melanjutkan, status motor itu, yakni Completely Built Up/CBU dari Malaysia. Hal ini karena di Indonesia sendiri tidak memproduksinya.

“Maka tidak heran jika waktu itu harganya paling mahal di antara motor sekelasnya. yakni sekitar Rp 22,3 juta memang cukup mahal waktu itu,” ucapnya.

Tapi sekarang, motor dengan kubikasi 125 ini menjadi buruan para kolektor. Maka tidak heran jika harganya pun kadang tidak masuk akal karena setara dengan harga mobil.

Baca juga: Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Begini Caranya

“Kalau kondisi motor ini low km artinya motor ini bukan dari restorasi, tapi benar-benar asli dari diler tetapi jarang dipakai sampai saat ini,” ujarnya.

Keistimewaan dari motor 125z miliknya, kata Henry semuanya masih asli bawaan dari pabrikan. Bahkan karet roda atau bannya juga belum pernah diganti dan masih bawaan dari diler.

Speedometer menunjukkan jarak yang pernah ditempuh 125z adalah 1080 kilometeristimewa Speedometer menunjukkan jarak yang pernah ditempuh 125z adalah 1080 kilometer

“Semuanya masih asli, bannya juga masih ada kodenya tahun 2000. Kalau sekarang apa bisa mencari ban produksi tahun 2000,” kata Henry.

Meski dijual dengan harga yang cukup tinggi, tetapi Henry mengatakan sudah ada yang tertarik untuk membelinya.

Pembeli yang tidak disebutkan identitasnya tersebut sempat menawar dengan harga Rp 110 juta.

“Sudah ditawar Rp 110 juta, tetapi belum saya lepas, kalau ada yang mau membeli Rp 150 juta,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com