Ada Tes Psikologi, Ini Keluhan dari Pemohon SIM

Kompas.com - 09/03/2020, 14:53 WIB
pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020). Ari Purnomopemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Adanya tes kesehatan rohani bagi para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) yang mulai berlaku Senin (9/3/2020), membuat proses mendapatkan SIM lebih lama.

Pasalnya, pemohon harus menambah satu tahapan lagi sebelum datang ke kantor Satuan Pelayanan Administrasi ( Satpas) Satlantas Polresta Solo.

Proses untuk mengikuti tes psikologi ini tidak sebentar bahkan mencapai lebih dari dua jam.

Hal ini seperti yang terlihat pada pelaksanaan tes kejiwaan bagi pemohon SIM di Solo. Para pemohon harus rela menunggu hingga beberapa jam untuk mendapatkan hasil ujian kesehatan rohani.

Salah seorang pemohon SIM, Fatini mengatakan dirinya sudah datang ke lokasi tes psikologi pukul 08.30 WIB, tetapi baru selesai sekitar pukul 11.00 WIB.

Baca juga: Jika Gagal Tes Psikologi, Pemohon SIM Bisa Mengulang?

Banyaknya pemohon yang mengikuti tes serta petugas yang tidak sebanding membuat pelayanan sedikit tersendat.

Antrean pemohon SIM yang akan mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi di Solo membludak, Senin (9/3/2020).Ari Purnomo Antrean pemohon SIM yang akan mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi di Solo membludak, Senin (9/3/2020).

“Tadi datang ke sini sekitar pukul 08.30 WIB, kalau pelaksanaan tesnya sudah tinggal nunggu saja hasilnya. Ya sekitar 2,5 jam,” katanya kepada Kompas.com saat ditemui di lokasi.

Hal yang sama juga dikatakan oleh pemohon SIM lainnya, Sri Ekowati. Menurutnya, dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk tes kesehatan rohani jelas akan membuat proses penerbitan SIM juga akan semakin lama.

"Kalau seperti ini proses pembuatan SIM juga tidak bisa rampung dalam sehari saja. Padahal, selama ini administrasi lain seperti pembuatan KTP dan lainnya bisa semakin cepat hanya butuh beberapa menit saja,” ucapnya.

Baca juga: Ada Tambahan Tes Psikologi, Ini Alur Membuat SIM

Tidak hanya itu, masih kata Sri, pemohon pun harus meluangkan waktu lebih untuk bisa mengikuti setiap tahapan pembuatan SIM.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X