Hari Pertama Tes Psikologi, Antrean Pemohon SIM di Solo Membludak

Kompas.com - 09/03/2020, 14:11 WIB
Antrean pemohon SIM yang akan mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi di Solo membludak, Senin (9/3/2020). Ari PurnomoAntrean pemohon SIM yang akan mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi di Solo membludak, Senin (9/3/2020).
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Terhitung Senin (9/3/2020) seluruh Polres di wilayah Jawa Tengah (Jateng) menerapkan aturan baru bagi pemohon Surat Izin Mengemudi ( SIM). 

Aturan baru yang wajib diikuti oleh para pemohon SIM itu adalah berupa tes kesehatan rohani atau psikologi. Termasuk salah satunya, para pemohon SIM di Satlantas Polresta Solo.

Di Solo tes kesehatan rohani ini diadakan di Jalan Melati no. 10 Laweyan, Solo dan mulai dibuka pukul 09.00 WIB.

Hari pertama pelaksanaan, antrean para pemohon langsung membludak. Bahkan tempat yang disediakan untuk tes kejiwaan tidak mampu menampung banyaknya pemohon SIM.

Mereka terpaksa berdiri di depan lokasi dan tidak sedikit yang duduk di pinggir jalan depan tempat ujian.

Baca juga: Tes Psikologi bagi Pemohon SIM Dilakukan secara Tertulis

Akibat banyaknya kendaraan yang parkir di pinggir jalan membuat ruas jalan tersebut menjadi padat.

sejumlah pemohon SIM di kota Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau psikologi, Senin (9/3/2020). Ari Purnomo sejumlah pemohon SIM di kota Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau psikologi, Senin (9/3/2020).

Salah seorang pemohon SIM, Supriyatno (35) mengatakan, awalnya dirinya tidak mengetahui jika akan ada tes psikologi bagi para pemohon SIM.

Setelah dari tes KIR, dirinya baru diberitahu bahwa proses selanjutnya adalah mengikuti tes psikologi.

"Tadi setelah tes kesehatan jasmani atau KIR dokter diberitahu harus ikut ujian psikologi dulu," katanya kepada Kompas.com ditemui di lokasi.

Untuk antre tes kejiwaan dengan mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal ini karena petugas tidak menyediakan nomor antrean bagi para pemohon.

Baca juga: Jika Gagal Tes Psikologi, Pemohon SIM Bisa Mengulang?

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X