Begini Mekanisme Penggunaan Fitur Cruise Control

Kompas.com - 09/03/2020, 14:20 WIB
Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi. Febri ArdaniPengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya pada mobil mewah, fitur canggih cruise control sudah banyak terdapat pada mobil kelas menengah.

Tidak hanya membuat pengemudi bisa mengistirahatkan kakinya sejenak, bila dimaksimalkan dengan baik, fitur penjaga kecepatan konstan ini bisa menambah keiritan pada bahan bakar.

Dealer Technical Sepport Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi, menjelaskan, bagaimana cara menggunakan fitur cruise control pada kendaraan.

Baca juga: Fitur Cruise Control Bisa Berbahaya di Jalan Tol Indonesia

Didi mengatakan, letak fitur cruise control berbeda-beda pada setiap mobil, ada yang hanya berupa tombol pada kemudi untuk mengaktifkannya, namun ada juga yang menggunakan tuas di dekat kemudi.

Indikator cruise control Swift GSStanly Indikator cruise control Swift GS

“Misal, pada mobil yang menggunakan tuas cruise control, cukup menekan tombol ‘on’ pada tuas yang berada didekat kemudi untuk mengaktifkannya. Setelah lampu tanda cruise control pada indikator menyala, lalukan akselerasi kendaraan sampai mencapai kecepatan yang diinginkan,” ujar Didi.

Kecapatan yang sudah ditentukan bisa ditambah atau dikurang secara terus menerus selama tuas cruise control masih diaktifkan.

Ada tiga cara untuk membatalkan cruise control, yaitu dengan menekan tombol ‘off’, menginjak pedal rem atau menginjak pedal gas. Aturan kecepatan untuk mengaktifkan fungsi cruise control pada kendaraan juga berbeda-beda.

Baca juga: Waspada Menggunakan Fitur Cruise Control saat Kondisi Hujan

Didi mengatakan, “lalau untuk mobil Toyota dapat dilakukan ketika kecepatan kendaraan lebih dari sekitar 30 kpj.”

Training Director The Real Driving Center, Marcell Kurniawan, juga menjelaskan hal yang sama, fitur cruise control akan mengunci kecepatan yang kita inginkan, biasanya baru akan berfungsi pada kecepatan 40 km per jam (Kpj).

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC).Honda Prospect Motor Fitur Adaptive Cruise Control (ACC).

Baca juga: Sulit Maksimalkan Fitur Cruise Control di Jakarta

“Mobil akan melaju dengan kecepatan yang stabil dan sistem cruise control akan otomatis berhenti saat pengemudi melakukan intervensi pada pedal rem, gas atau kopling,” ujar Marcell saat dihubungi tim Kompas.com, Senin (09/03/2020).

Marcell melanjutkan, dalam mode ini, pengemudi dapat menambah gas, namun ketika melepas gas otomatis kendaraan akan diatur untuk kembali ke settingan cruise control awal.

Fitur canggih ini sebenarnya sangat membantu jika kondisi jalan lancar dan jarak dengan kendaraan depan cukup aman. Tetapi mengingat kondisi jalan di Indonesia, sebaiknya pengemudi selalu waspada, dan tidak boleh santai. Konsentrasi tetap dibutuhkan untuk mengawasi lalu lintas di depan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X