Dua Cara Aktifkan Shift Lock di Mobil Matik

Kompas.com - 26/01/2020, 09:42 WIB
Kenali cara kerja shift lock di mobil matik Kenali cara kerja shift lock di mobil matik
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah sering dibahas, mungkin sebagai pemilik mobil matik masih ada yang bingung soal cara mengoperasikan fitur shift lock.

Padahal ini sangat dibutuhkan ketika dalam kondisi parkir pararel yang mengharuskan mobil dalam kondisi netral.

Seperti diketahui, sistem transmisi matik tak seperti mobil manual yang bisa dicabut kuncinya saat transmisi pada posisi netral.

Lantaran itu, shift lock dibutuhkan sehingga tuas transmisi matik bisa digeser dari P (parking) ke posisi N (netral) ketika sedang parkir pararel.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Mobil Harus Istirahat saat Perjalanan Jauh?

Namun demikian, cara kerja shift lock sendiri biasanya berbeda-beda di tiap mobil. Paling sering ditemui berbentuk seperti tombol yang letaknya berada masih dalam rangkaian tuas transmisi, umumnya di bagian atas.

Fungsi Shift LockStanly/Otomania Fungsi Shift Lock

Untuk mengaktifkan shift lock dengan model ini, menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, sangat mudah untuk dilakukan. Pengemudi cukup mematikan mobil seperti biasa dengan tuas transmisi di posisi P lebih dulu.

"Biasanya dua cara, satu dengan tombol satu dengan anak kunci. Untuk tombol, prosesnya matikan mobil seperti biasa dengan tuas di P. Setelah itu tekan tombol shift lock dan geser ke posisi N. Dengan demikian kunci mobil tetap bisa dilepas seperti biasa dan mobil bisa digeser," kata Suparna saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Sementara jenis shift lock yang kedua berupa lubang. Kebanyakan jenis yang seperti ini dipakai pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless.

Baca juga: DFSK Segera Luncurkan Mobil Baru, Harga Mulai Rp 180 Jutaan?

Shift lock dengan anak kunci di mobil matik Shift lock dengan anak kunci di mobil matik

Menurut Suparna, secara fungsi memang tidak berbeda dengan yang model tombol, hanya saja proses penggunaanya yang sedikit berbeda lantaran harus dicolok menggunakan anak kunci.

"Lubangnya itu berada di samping tuas transmisi. Jadi harus dicolok dengan anak kunci, kalau mobil yang pakai smart key atau remote itu kan tetap ada anak kuncinya yang berguna saat darurat, anak kunci itu bisa digunakan untuk mengaktifkan shift lock," ujar Suparna.

"Caranya tetap sama, hanya beda menggunakan anak kunci saja. Ingat lagi, kalau sudah pakai shift lock, rem tangan jangan di tarik," kata dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X