Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Fungsi dan Mekanisme “Shift Lock” di Mobil Matik

Kompas.com - 20/07/2018, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Jika masih ada yang mengatakan, mobil matik tak bisa didorong-dorong ketika parkir paralel, jangan langsung percaya, apalagi mobil-mobil keluaran baru. Pasalnya, pabrikan sudah menyematkan yang namanya shift lock pada sistem transmisi.

Tombol tersebut letaknya terlihat, dan biasanya ada di sekitaran tuas transmisi. Fungsinya agar posisi transmisi mobil bisa dipindahkan dari P ke N (netral).

Ini tentu saja memudahkan dan membantu sekali ketika pemilik sedang parkir, khususnya pada formasi paralel.  Jadi ketika kendaraan menutup mobil lain yang akan bergerak, petugas bisa memindahkannya, karena roda-roda mobil tidak terkunci.

Jadi mekanisme kurang lebih yaitu, setelah pengemudi sudah memindahkan tuas transmisi ke posis P, kemudian matikan mesin. Baru kemudian tekan tombol shift lock, baru selanjutnya geser kembali transmisi ke N.

Baca juga: Cara Menghadapi Macet di Tanjakan Curam untuk Mobil Matik

Tombol shift lock di mobil Toyota Calya.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Tombol shift lock di mobil Toyota Calya.

“Jika sudah begitu baru mobil bisa didorong-dorong,” ujar Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Gandhi Ahimsaputra kepada KOMPAS.com, Jumat (13/7/2018).

Gandi mengingatkan, setelah mengaktifkan fungsi shift lock jangan sampai menarik tuas rem parkir. Tentu saja akan sia-sia, dan roda mobil kembali terkunci dan tak bisa didorong untuk digeser-geser.

Perlu diketahui juga, tanpa shift lock transmisi tidak bisa langsung dipindahkan ke posisi N dari P. Selain itu, bila transmisi langsung di pindahkan ke tuas N saat parkir, untuk mobil matik tidak mau dicabut kunci kontaknya atau bahkan tidak mau dimatikan sebelum transmisi berada pada posisi P.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com