[POPULER OTOMOTIF] Penggolongan SIM C Bisa Dimulai Tahun Depan | Peluang Kawasaki Z H2 ke Indonesia

Kompas.com - 17/10/2019, 06:02 WIB
Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik. KOMPAS.com / HamzahSalah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri punya rencana untuk menggolongkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Apabila sesuai dengan rencana, maka bisa direalisasikan pada 2010, sehingga nanti SIM buat pengguna sepeda motor bisa dikelompokan berdasarkan kapasitas mesin.

Informasi yang tidak kalah menarik lainnya, yakni seputar Kawasaki Z H2 apakah bisa masuk pasar roda dua nasional, atau tidak. Penasaran seperti apa, dan topik menarik lainnya, berikut lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 16 Oktober 2019:

1. Ini Tanda-tanda Sokbreker Mobil Sudah Harus Diganti

Ilustrasi suspensi mobillowvolumevehicle.co.nz Ilustrasi suspensi mobil

Bagian kaki-kaki mobil merupakan salah satu komponen vital selain mesin. Kaki-kaki mendapat tekanan paling besar dari bobot kendaraan, kenyamanan dan keamanan dapat terganggu jika komponen ini bermasalah.

Sokbreker jadi komponen yang berfungsi meredam segala guncangan di jalan. Jalanan tidak rata, berlubang, hingga beragam kondisi lainnya dapat dilalui dengan nyaman berkat sokbreker.

Seiring usia dan pemakaian, daya redam sokbreker menurun. Efeknya sokbreker tak mampu lagi meredam dengan baik saat dipakai berkendara.

Baca juga: Ini Tanda-tanda Sokbreker Mobil Sudah Harus Diganti

2. Penggolongan SIM C Bisa Dimulai pada 2020

Warga mengendarai sepeda motor saat mengikuti latihan uji kompetensi surat izin mengemudi (SIM) di Medan, Sumatera Utara, Minggu (24/9). Latihan yang digelar Polrestabes Medan tersebut untuk melihat dan menguji kemampuan warga mengendarai sepeda motor, sebelum mendapatkan SIM. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/ama/17.ANTARA FOTO/IRSAN MULYADI Warga mengendarai sepeda motor saat mengikuti latihan uji kompetensi surat izin mengemudi (SIM) di Medan, Sumatera Utara, Minggu (24/9). Latihan yang digelar Polrestabes Medan tersebut untuk melihat dan menguji kemampuan warga mengendarai sepeda motor, sebelum mendapatkan SIM. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/ama/17.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menegaskan, penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM), yakni C1, C1, dan C2 akan dimulai pada tahun depan.

Pengkategorian SIM C itu sendiri menjadi dasar atau untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin maksimal 250 cc, sedangkan C1 khusus motor di atas 250 cc, serta C2 di atas 500 cc.

"Penggolongan SIM itu sedang kita garap, dan lengkapi dulu sarana dan prasarananya. Target kita setidaknya bisa dimulai pada 2020," ujar Refdi ketika berbincang dengan Kompas.com di gedung NTMCPolri, belum lama ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X