Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencurian Ban Saat Mobil Lagi Parkir Makin Canggih

Kompas.com - 10/05/2024, 10:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian ban mobil kembali terjadi di parkiran ITC Cempaka Mas. Kali ini tiga ban diambil dalam waktu kurang dari 30 menit dan dibawa kabur oleh pencurinya.

Kejadian seperti ini memang bukan yang pertama kali terjadi. Bahkan di beberapa daerah seperti Medan, Sumatera Utara, kasus pencurian ban sangat marak terjadi.

Melihat aksi seperti itu, Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, membongkar ban di parkiran sekarang bisa dilakukan dengan cepat, didukung alat yang mumpuni.

Baca juga: Video Daihatsu Sigra Jadi Korban Pencurian Ban dan Pelek di ITC Cempaka Mas

Pelek Hyundai Creta AlphaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pelek Hyundai Creta Alpha

"Untuk bongkar set ban dan pelek dari kendaraan sangat mudah bagi mereka, bisa di bawah tiga menit atau kurang mereka sudah bisa melepas pelek dan ban dari kendaraan memakai kunci roda biasa," ucap Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Belum lagi sekarang sudah banyak pembuka baut roda yang pakai baterai. Makanya, kejadian pencurian ban jadi semakin mudah dilakukan maling.

Baca juga: Cerita Benny Santoso Menang TCR Asia Series di Sirkuit Sepang


Maka dari itu, Zulpata menyarankan pemilik mobil untuk waspada terutama ketika memarkir kendaraan.

“Pilih parkir di tempat yang agak ramai, seperti dekat pos penjagaan, dekat pintu keluar atau semacamnya. Alarm guncangan juga bisa diaktifkan, atau tambah baut roda yang bisa di kunci,” ucap Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com