[POPULER OTOMOTIF] Kamera Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta | Jalur Distribusi Esemka

Kompas.com - 12/09/2019, 06:02 WIB
Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Pusat melakukan giat patroli untuk memantau penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE), Senin (26/11/2018).  Patroli dilakukan di Simpang Patung Kuda dan Simpang Sarinah, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELAJajaran Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Pusat melakukan giat patroli untuk memantau penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE), Senin (26/11/2018). Patroli dilakukan di Simpang Patung Kuda dan Simpang Sarinah, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik yang menjadi populer dalam beberapa hari ini, yaitu soal Ditlantas Polda Metro Jaya dan PT Transportasi Jakarta akan memasang kamera tilang elektronik di jalur TransJakarta.

Selain itu, soal Esemka juga masih menjadi perbincangan masyarakat. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 11 September 2019.

1. Polisi Segera Pasang Kamera Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta

Sejumlah pengendara sepeda motor ditilang polisi karena menerobis jalur transjakarta di Jalan Jatinegara Barat, Rabu (20/3/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Sejumlah pengendara sepeda motor ditilang polisi karena menerobis jalur transjakarta di Jalan Jatinegara Barat, Rabu (20/3/2019).

Sejumlah jalur bus TransJakarta akan dipasang kamera pengawas elektronik atau electronic law enforcement ( E-TLE). Tujuannya, yakni untuk menindak pengguna kendaraan bermotor yang masuk ke busway.

Kerjasama antara PT Transportasi Jakarta dengan Ditlantas Polda Metro Jaya itu dimulai dari persiapan pengadaan, pemasangan, hingga integrasi sistem elektronik. Instalasi kamera pengintai ditargetkan rampung pada akhir September 2019, dan penertiban tilang dimulai 1 Oktober 2019.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, saat ini kamera ETLE akan dipasang di 12 koridor TransJakarta dari 13 koridor yang ada, namun titik-titik penempatannya masih dalam penyesuaian.

Baca juga: Polisi Segera Pasang Kamera Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta

2. Mengungkap Jalur Distribusi Esemka di Indonesia

Tes Drive Esemka Bima 1.3 Tes Drive Esemka Bima 1.3

Selubung yang selama ini menjadi teka-teki antara ada dan tiadanya Esemka, akhirnya terbuka. Peresmian pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan lalu, seakan menjadi jawaban dari berbagai spekulasi informasi yang sebelumnya seliweran.

"Saya bersama seluruh karyawan Solo Manufaktur Kreasi sangat bahagia atas semua dukungan dan partisipasi berbagai pihak sehingga akhirnya kami berhasil membangun pabrik beserta seluruh fasilitas di mana brand dan prisipalnya Indonesia, yaitu Esemka," ujar Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya, di awal seremoni peresmian pabrik di Desa Demangan, Kabupaten Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) lalu.

Tidak hanya itu, resminya pabrik juga menjadi kick-off bagi Esemka untuk memulai bisnisnya, untuk segera memasarkan produk perdana yang mulai masuk ke pasar otomotif nasional, yakni Esemka Bima 1.2 dan 1.3. Kedua mobil tersebut hadir sebagai kendaraan niaga ringan berbasis pikap.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X