Polisi Segera Pasang Kamera Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta

Kompas.com - 11/09/2019, 06:32 WIB
Transjakarta merupakan salah satu transportasi publik yang cukup banyak digunakan oleh warga Jakarta. KOMPAS.com/HILEL HODAWYATransjakarta merupakan salah satu transportasi publik yang cukup banyak digunakan oleh warga Jakarta.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah jalur bus TransJakarta akan dipasang kamera pengawas elektronik atau electronic law enforcement ( E-TLE). Tujuannya, yakni untuk menindak pengguna kendaraan bermotor yang masuk ke busway.

Kerjasama antara PT Transportasi Jakarta dengan Ditlantas Polda Metro Jaya itu dimulai dari persiapan pengadaan, pemasangan, hingga integrasi sistem elektronik. Instalasi kamera pengintai ditargetkan rampung pada akhir September 2019, dan penertiban tilang dimulai 1 Oktober 2019.

Baca juga: Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta Berlaku 1 Oktober 2019

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, saat ini kamera ETLE akan dipasang di 12 koridor TransJakarta dari 13 koridor yang ada, namun titik-titik penempatannya masih dalam penyesuaian.

"Secara teknis belum, ini baru MoU nanti titik-titiknya akan dilakukan bersama antara tim dari TransJakarta dengan dari Ditlantas Polda Metro Jaya," kata Nasir kepada Kompas.com, Selasa (10/9/2019).

Uji coba sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dengan penambahan empat fitur terbaru mulai diberlakukan pada Senin (1/7/2019) ini di 10 titik di ruas Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.RINDI NURIS VELAROSDELA Uji coba sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dengan penambahan empat fitur terbaru mulai diberlakukan pada Senin (1/7/2019) ini di 10 titik di ruas Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.

Nasir mengatakan, penempatan kamera tidak bisa sembarangan. Sebab kamera pengawas ini yang nantinya akan jadi ''mata'' polisi untuk melakukan tindakan kepada pengemudi yang melanggar.

"Nanti ahli dari TransJakarta akan digabung dengan IT dari kita, dan akan melakukan survei, pengkajian dan penempatan kamera di jalur, termasuk jaringan fiber optiknya dikaji semua," katanya.

Baca juga: Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta Tidak Butuh Sosialisasi

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono mengatakan, pemasangan kamera tilang elektronik diharapkan ini dapat membuat jalur jadi steril sehingga waktu tempuh TransJakarta lebih singkat.

"Dengan sterilnya busway dapat kembali seperti mandat awalnya, jalur khusus yang steril 100 persen untuk keamanan dan kenyamanan warga DKI Jakarta menggunakan Transportasi publik," kata Agung dalam siaran resmi, Selasa (10/9/2019).

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X