Kompas.com - 24/07/2019, 09:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Honda ADV 150 mempunyai gimmick yaitu fitur untuk mengukur suhu luar ruangan. Pengendara dapat mengetahui suhu terkini lewat bacaan di panelmeter yang terletak di sebelah kiri bawah.

Pengukuran temperatur di ADV 150 mulai dari -10 derajat sampai 50 derajat celsius. Jika suhu -10 derajat maka tampilan menunjukkan ''---'' sedangkan jika 50 derajat maka panelmeter akan berkedip-kedip.

Baca juga: Honda ADV 150 Pakai Fitur Moge, Apa Kelebihannya?

"Nah kalau suhu minus 3 derajat maka akan muncul simbol salju. Karena ini produk global maka dibuat seperti itu. Bisa digunakan di seluruh dunia," kata Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), di GIIAS 2019 (21/7/2019).

Honda ADV 150KOMPAS.com/Gilang Honda ADV 150

Endro menerangkan, pengukuran suhu ini memakai sensor yang terletak di bagian kanan bodi dekat lampu depan. "Sengaja diletakan di bagian itu karena yang paling bebas tidak terganggu dengan yang lain," katanya.

Baca juga: Suspensi Belakang Honda ADV 150 Pakai Tabung, Apa Keuntungannya?

Tak Biasa
Adanya pembacaan pengukuran suhu di ADV 150 sebetulnya kurang lazim untuk sepeda motor. Sebab biasanya, pembacaan temperatur justru untuk suhu mesin mencegah mesin kepanasan (overheat).

"Ya mungkin karena itu tadi ya, karena ini produk global sehingga ada fitur seperti ini (pengukuran temperatur). Karena motor ini kan temanya adventure juga jadi bisa buat segala medan," kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.