Honda ADV 150 Pakai Fitur Moge, Apa Kelebihannya?

Kompas.com - 23/07/2019, 09:16 WIB
Honda ADV 150 KOMPAS.com/GilangHonda ADV 150
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Salah satu fitur unggulan pada Honda ADV 150 yaitu adanya ESS atau Emergency Stop Signal. Skutik semi dual purpose ini merupakan model kelima Honda yang mengaplikasikan ESS, fitur yang dimiliki deretan motor besar Honda.

"ADV 150 kalau tidak salah yang kelima. Pertama itu Honda Gold Wing, Africa Twin, X-ADV 750 dan CBR150R," kata Endro Sutarno, Techincal Service Division Astra Honda Motor (AHM) di GIIAS 2019.

Baca juga: 5 Perbedaan Teknis Honda ADV 150 dan PCX 150

Kendati demikian, tidak semua varian ADV 150 memiliki fitur ESS hanya tipe ABS yang punya. Endro menjelaskan, hal tersebut berkaitan dengan modulator, sebab varian CBS tidak punya modulator pengereman seperti ABS.

"Fitur ESS ini hanya untuk ADV 150 yang tipe ABS. Karena untuk membuat ESS perlu modulator yang berbeda. ESS ini juga hanya ada di ADV 150 dan belum ada di Honda PCX 150," kata Endro.

Skutik baru Honda ADV 150 resmi meluncur di GIIAS 2019.Gilang Satria/Kompas.com Skutik baru Honda ADV 150 resmi meluncur di GIIAS 2019.

Baca juga: Tampil Beda, Ini Daftar dan Harga Aksesori Resmi Honda ADV 150

ESS merupakan fitur yang dapat menyalakan sinyal darurat ketika pengendara melakukan panic brake atau pengereman mendadak. Fitur ESS akan mengedipkan semua lampu sein secara cepat ketika ''ngerem'' mendadak.

Perbedaan antara ESS dengan hazzard yaitu pada jeda tiap kedipan. Hazzard memiliki jeda sedikit lama atau kadang disertai bunyi, sedangkan ESS akan berkedip sangat cepat. "Jadi ESS ini berbeda dengan hazzard," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X