Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suspensi Belakang Honda ADV 150 Pakai Tabung, Apa Keuntungannya?

Kompas.com - 23/07/2019, 12:33 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Honda ADV 150 mengadopsi suspensi belakang dengan tambahan sub tank (tabung). Model ini diklaim lebih baik meredam getaran ketika sepeda motor melintasi kondisi jalan off road ringan.

Endro Sutarno, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, ada beberapa keunggulan dari suspensi sub tank, yaitu lebih nyaman saat melintasi jalan tak rata dan memberikan traksi lebih baik saat menikung.

Baca juga: Syarat Fitur Moge Ini Bisa Aktif di Honda ADV 150

Suspensi Honda ADV 150KOMPAS.com/Gilang Suspensi Honda ADV 150

Prinsip kerja suspensi single tube yaitu udara dan oli berada dalam satu ruang dan hanya dipisahkan tekanan. Sedangkan pada suspensi sub tank, udara tersekat sendiri di bagian sub tank, sedangkan oli berada di tabung utama.

"Saat kondisi full stroke (paling tinggi) dan kecepatan vibrasi yang tinggi, karena udara dan oli dicampur, maka ada potesi timbul gelembung udara di area piston dan valve, sehingga kestabilan berkurang," kata Endro di GIIAS 2019.

Keunggulan suspensi dengan sub tank.KOMPAS.com/Gilang Keunggulan suspensi dengan sub tank.

Endro menjelaskan, sedangkan pada suspensi sub tank hal tersebut tidak akan terjadi di area piston dan valve kendati melalui trek serupa. Sebab karena ada pemisah antara oli dan udara yang mecegah keduanya bertemu langsung.

Baca juga: Honda ADV 150 Pakai Fitur Moge, Apa Kelebihannya?

Hal tersebut juga terjadi jika motor menikung. Endro menjelaskan, saat kondisi motor miring, udara bisa masuk ke area piston dan valve. Hal tersebut berpengaruh pada daya pantul (rebound) suspensi jadi tidak beraturan.

"Dalam kondisi full stroke dan sudut kemiringan ekstrem ada kemungkinan piston dan valve masuk ruang udara. Sedangkan di suspensi sub tank, dengan adanya sub tank piston dan valve selalu terendam oli," katanya.

Suspensi sub tank di ADV 150KOMPAS.com/Gilang Suspensi sub tank di ADV 150

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com