Jaga Kaki, Rahasia Berkendara Mobil Hemat Bahan Bakar

Kompas.com - 17/07/2019, 11:42 WIB
Ilustrasi mobil membawa barang bawaan di atap Ilustrasi mobil membawa barang bawaan di atap
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara untuk pengendara agar menghemat bahan bakar kendaraannya. Khusus untuk berkendara mobil, tak jarang yang mematikan pengatur suhu atau AC supaya kinerja mesin tidak berat.

Sayangnya, hal tersebut tidak efektif untuk menghemat bahan bakar sebagaimana dipaparkan Praktisi dan Konsultan Eco Driving Heru Sugiarto. Lagi pula, di kota besar seperti Jakarta, fungsi AC dibutuhkan karena sering kali jalanan macet dengan kondisi terik matahari.

"Ada beberapa cara agar konsumsi bahan bakar minyak ( BBM) bensin atau diesel hemat. Pertama, jaga putaran mesin dengan cara memindahkan persneling ke gigi yang lebih tinggi secepatnya. Jangan biarkan RPM mobil tinggi," kata Heru di Jakarta.

Sebab, setiap mobil memiliki batas RPM dan torsi maksimumnya sendiri. Hal itu menandakan ketika batas tersebut dilewati, maka bahan bakar akan terbuang lebih boros. Intinya adalah pengemudi menjaga kakinya untuk tidak asal menginjak pedal gas.

Baca Juga : Tips Panaskan Mobil Tanpa Boros Bahan Bakar

"Maka dari itu, jangan sampai kecepatan mobil berada di atas 90 km/jam. Selain aman, bahan bakar mobil jadi efisien," lanjut Heru.

Cara lainnya, saat berada di tol pengendara harus menjaga kecepatan mobil dengan mematuhi batas laju yang ditentukan. Rata-rata, batas kecepatan di jalan tol adalah 60-80 km/jam.

Selanjutnya, Heru juga menyarankan agar pengendara selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depannya sekitar dua sampai tiga detik. Hal tersebut agar pengendara bisa mengantisipasi pengereman mendadak yang dilakukan kendaraan di depan dan menjaga kecepatan agar tetap konstan.

"Jangan sampai kehilangan momen. Karena ketika mesin sudah berkerja (kendaraan bergerak), sudah ada bahan bakar yang terbuang. Jangan sampai dibuang sia-sia karena ngerem mendadak. Maka, selalu jaga jarak aman," kata Heru.

Memeriksa tekanan angin pada ban, mengurangi beban muatan kendaraan, serta tidak menggunakan aksesori tambahan yang memberatkan kinerja mesin juga adalah bisa menghemat bahan bakar mobil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X