Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih TV Monitor untuk Mobil Keluarga

Kompas.com - 17/06/2019, 20:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat hiburan pada mobil keluarga boleh dibilang cukup penting keberadaannya. Selain tape, TV monitor juga banyak digunakan oleh para pemilik mobil yang sudah berkeluarga.

Pujiyanto Suryana, teknisi audio dari MusicArt, mengatakan bahwa sekarang ini pilihan TV monitor sudah sangat beragam. Bukan hanya dari jenis dan mereknya saja, tapi juga harga, spesifikasi, serta fitur yang ditawarkan.

Baca juga: Nonton TV di Mobil Tanpa ”Semut dan Goyang”

Dari jenisnya, TV monitor yang paling banyak dipasang di mobil harian atau keluarga adalah yang menempel di headrest dan model clip on.

"TV monitor yang dipasang di headrest masih jaman hingga sekarang ini. Biasanya, peminatnya yang punya anak kecil. Buat dia nonton di belakang biar tenang selama perjalanan," ujar Puji, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Bisa Nonton TV di Lampu Belakang Avanza

Menurut Puji, TV monitor model clip on sekarang ini lebih banyak dipilih pemilik mobil. Sebab, TV monitor jenis ini dinilai paling efektif, tidak merusak headrest, dan pemasangannya juga relatif mudah.

"Kisaran harganya cukup variatif, ada yang Rp 3 jutaan sampai Rp 8 jutaan. Tergantung dari fitur yang ditawarkan dan kualitas gambar atau resolusi layarnya. Untuk ukurannya, rata-rata yang banyak dipakai 9 inch atau 10 inch," kata Puji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com