Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Modifikasi Audio untuk Mobil Harian

Kompas.com - 11/06/2019, 18:04 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Melakukan modifikasi audio merupakan langkah yang cukup sering dilakukan oleh pemilik mobil. Tujuan utama, agar bisa mendengarkan musik dengan kualitas bagus ketika di perjalanan menuju ke suatu tempat.

Apalagi dengan kualitas yang bagus itu, seluruh penumpang atau anggota keluarga menjadi lebih betah ketika berada di kabin mobil. Sebab, kondisi itu bisa membuat perjalanan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca juga: Investasi Audio buat di Kabin Mobil

"Sekarang ini, banyak orang yang upgrade audio untuk mobil harian. Mereka ingin yang bisa segala jenis musik itu masuk. Saran saya, sebaiknya pilih sistem audio yang lebih ke arah sound quality (SQ), karena audio jenis ini bisa dibilang cocok untuk segala jenis musik," ujar Pujiyanto Suryana, teknisi audio dari MusicArt, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Puji, agar lebih maksimal dia menyarankan untuk mengganti beberapa komponen pada audio, mulai speaker depan, belakang, subwoofer, serta power amplifier. Tentunya biaya yang harus dikeluarkan pun relatif mahal, yaitu sampai belasan juta rupiah, sehingga semua ini dikembalikan lagi kepada konsumen.

Baca juga: Pasang Audio Ngapain Harus ke Bengkel

Puji menambahkan, jenis subwoofer itu juga sangat beragam. Setiap mobil memiliki bentuk yang tidak sama. Namun untuk harian, kata dia sudah cukup jika memasang tipe biasa atau portable

"Jadi yang bisa di-flush mount. Tentunya bisa lebih menghemat ruang atau tidak makan tempat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com