Tilang Elektronik Akan Perketat Pemakaian Kaca Film Gelap

Kompas.com - 16/07/2019, 15:42 WIB
Contoh pemasangan kaca film mobil di gerai Griya Auto Film yang berada di MGK Aditya MaulanaContoh pemasangan kaca film mobil di gerai Griya Auto Film yang berada di MGK

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan Electronic - Traffic Law Enforcement ( e-TLE) sudah mulai digalakkan. Dalam hal ini, Polda Metro Jaya menggunakan fitur kamera yang dapat mendeteksi aktivitas yang dilakukan pengemudi.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir, mengatakan, untuk dapat melihat ke bangku pengemudi, kadar kegelapan kaca mobil sangat berpengaruh. Kalau gelap sekali, kamera tidak mampu mendeteksi pengemudi.

Baca juga: Aturan Hukum Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil

"Tapi, kalau 40 persen itu masih bisa ditembus kamera," ujar Nasir, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Nasir menambahkan, untuk batas pemakaian kaca film, itu sudah diatur oleh aturan tentang kelengkapan berkendara. Menurutnya, tidak diperbolehkan jika kadar kegelapan kaca film suatu mobil sudah mengganggu konsentrasi mengemudi.

Baca juga: Ini Titik Lokasi Tambahan Kamera Tilang Elektronik

Untuk lebih jelasnya mengenai landasan hukum tentang kadar kegelapan kaca film mobil, bisa dilihat di Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan juga Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor.

Kurang lebih bunyinya adalah kaca depan boleh dipergunakan kaca berwarna atau kaca yang berlapis bahan pewarna dengan prosentasi penembusan cahaya tidak kurang dari 40 persen sepanjang sisi atas (bagian kaca) yang lebarnya tidak lebih dari sepertiga tinggi kaca yang bersangkutan.

Peraturan mengenai ketebalan kaca film juga menurut Nasir akan digalakkan kembali. Mengingat, kemampuan kamera untuk menembus kaca depan mobil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X