Ini Titik Lokasi Tambahan Kamera Tilang Elektronik

Kompas.com - 07/07/2019, 09:02 WIB
Belum semua wilayah yang masuk ke dalam  kawasan yang diawasi CCTV dalam program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dipasangi rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) tilang elektronik. Pantauan Kompas.com, dari empat lokasi penerapan tilang elektronik, baru persimpangan Sarinah dan Bundaran Senayan yang telah dipasangi RPPJ. Sementara dua wilayah lainnya yaitu Bundaran Patung Kuda dan simpang Harmoni belum terlihat adanya RPPJ, Selasa (2/10/2018). KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBABelum semua wilayah yang masuk ke dalam kawasan yang diawasi CCTV dalam program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dipasangi rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) tilang elektronik. Pantauan Kompas.com, dari empat lokasi penerapan tilang elektronik, baru persimpangan Sarinah dan Bundaran Senayan yang telah dipasangi RPPJ. Sementara dua wilayah lainnya yaitu Bundaran Patung Kuda dan simpang Harmoni belum terlihat adanya RPPJ, Selasa (2/10/2018).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Polda Metro Jaya menambah 81 kamera tilang elektronik atau CCTV Electronic Traffic Law Enforcement ( E-TLE), saat ini sedang diajukan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, mengatakan 81 kamera tambahan direncanakan mulai dipasang pada September dan Oktober 2019 mendatang.

"Rencananya antara September atau Oktober akan dipasang untuk seluruh Wilayah DKI. Pengadaannya dari Pemprov melalui Disub DKI," ucap Yusuf kepada Media di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Tujuan Utama Fitur Kamera E-TLE

Yusuf menjelaskan puluhan kamera tersebut akan di tempatkan pada beberapa titik. Pertama mulai dari Kota Tua sampai Gajah Mada, Simpang Harmoni hingga Jalan Merdeka Barat sampai arah Blok M.

Selanjutnya mulai dari Grogol sampai Bandara Halim Perdana Kusuma melewati Cawang. Ketiga ada di Jalan Rasuna Said Kuningan sampai Mampang, sedangkan keempat di Jalan DI Panjaitan sampai Cempaka Putih.

Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.KOMPAS.com/ GHULAM M NAYAZRI Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.
"Kamera tersebut fiturnya sama dengan yang sekarang ini, nanti kalau ada fitur baru akan kita tambah lagi. Makanya tanya saja ke Pemprov kapan mau diturunkan itu (kamera)," ucap Yusuf.

Sementara itu ketika mengkonfirmasi mengenai pengadaan CCTV tersebut, Kepala Sistem Pengendalian Lalu lintas Dishub DKI Jakarta Susilo Dewanto, menjelaskan bila masalah pengadaan CCTV merupakan ranahnya Polda Metro Jaya.

Baca juga: Supaya Optimal, Aturan E-TLE Diharapkan Jangan Abu-abu

"Terkait soal tersebut publikasinya harus melalui pihak kepolisian, jadi lebih baik tanya ke pihak sana saja (Polisi), bisa ke Dirlantas atau bawahannya. Saya tidak bisa bicara," ucap Susilo saat dihubungi Kompas.com, Jumat lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X