Yakin Sudah Paham Bagaimana Menggunakan Dongkrak?

Kompas.com - 26/06/2019, 10:02 WIB
Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan). Febri ArdaniPosisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perangkat yang wajib ada di mobil adalah dongkrak. Perangkat ini berfungsi untuk menjadi titik tumpu bantuan, sekaligus mengangkat salah satu sisi kendaraan, ketika melakukan penggantian ban bocor dengan serep. Namun, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakannya?

Sebelumnya, ketahui dahulu di mana dongkrak tersimpan pada mobil. Sebab, setiap jenis mobil atau berbeda pabrikan, maka kadang berbeda juga tempat menyimpan dongkrak. Setiap mobil baru pasti akan disertakan satu dongkrak, karena sudah standar sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Jangan Cuek, Cari Tahu Posisi Dongkrak Mobil

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, meletakkan dongkrak di bagian bawah mobil tidak bisa sembarangan. Dongkrak harus diletakkan di bagian tertentu.

"Kalau tipe sedan, biasanya di bagian rocker panel ada tandanya. Sebaiknya, setiap pemilik mobil membaca buku panduan pemilik kendaraan bermotor. Sebab, di situ sudah dijelaskan semuanya," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Rocker panel sendiri merupakan sisi mobil bagian bawah. Tepatnya berada di sepanjang bagian bawah pintu mobil, mulai dari depan hingga belakang.

Baca juga: Begini Mekanisme yang Benar Menggunakan Dongkrak

Pada Datsun GO  dengan tipe bodi monokok tumpuan dongkrak di belakang tersedia pada bagian yang menonjol seperti pada gambar. Bahan bagian itu terbuat dari karet dan sudah didesain untuk kepala dongkrak bawaan mobil. Febri Ardani Pada Datsun GO dengan tipe bodi monokok tumpuan dongkrak di belakang tersedia pada bagian yang menonjol seperti pada gambar. Bahan bagian itu terbuat dari karet dan sudah didesain untuk kepala dongkrak bawaan mobil.

Ketika sudah menemukan dongkrak, salah satu faktor penting lain yang wajib diketahui adalah menempatkan posisi titik tumpu pada mobil. Jika, dongkrak tidak bertumpu pada bagian yang benar, kemungkinan mobil akan bergeser, merusak komponen, sampai ambles mungkin bisa terjadi. Alhasil, kerusakan lebih besar serta biaya yang mahal mengintai. 

Menurut Didi, posisi tumpuan dongkrak yang tepat ada pada sasis mobil, biasa disebut tulang kendaraan. Letaknya, biasanya di bagian sisi samping kanan atau kiri bawah. Cari bagian tumpuan yang agak tebal dan biasanya agak timbul.

Umumnya, posisi titik tumpu dongkrak berada di area dekat ban. Setelah itu, baru gunakan dongkrak selayaknya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X