Kompas.com - 30/06/2014, 15:07 WIB
Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan). Febri ArdaniPosisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif– Fungsi utama dongkrak adalah mengumpil atau menjungkitkan sebagian bodi mobil. Perkakas wajib di dalam mobil ini biasa digunakan untuk memeriksa bagian bawah kendaraan atau mengganti ban yang rusak. Mendongkrak bisa jadi pekerjaan merepotkan, maka dari itu perlu dilakukan dengan benar, agar keringat hasil usaha kita tidak sia-sia dan tidak ada komponen mobil yang ikutan rusak.

Ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Menurut Sandra Ferdiana, Service Advisor Daihatsu Pondok Indah, terdapat tiga jenis dongkrak. Pertama dongkrak berbentuk seperti ketupat, dongkrak hidrolik, dan dongkrak buaya. Namun dealer biasanya melengkapi mobil baru dengan dongkrak ketupat. Alasannya, lebih ringkas, murah, dan mudah digunakan.

Lokasi
Setiap pemilik mobil patut tahu lokasi dongkrak, selain berada di bawah jok biasanya ada di ruang bagasi, atau dekat dengan ban cadangan. Demikian juga tentang cara penggunaan, mengencangkan atau mengendurkan ulir persambungan dongkrak ketupat menggunakan metode putar. Untuk lebih jelas bisa mengecek buku panduan.

Febri Ardani Desain tumpuan sudah disesuaikan dengan kepala dongkrak agar tidak mudah bergeser.

Posisi
Pada mobil-mobil modern titik tumpu dongkrak sudah ditentukan dari jalur produksi. Desainnya juga disesuaikan dengan kepala dongkrak agar pegangan tidak mudah bergeser. “Lebih baik dongkrak digunakan untuk mengangkat satu sisi mobil, jangan ditengah dengan maksud mengangkat dua roda,” jelas Sandra.

Untuk tipe mobil kerangka, tumpuan yang dicari adalah “tulang” yang paling keras. Kepala dongkrak bisa diletakan di bagian sasis yang terletak di kolong pintu samping. Selain itu, untuk bagian depan tumpuan yang bisa digunakan di bagian arm, sedangkan di bagian belakang bisa mengandalkan bagian bawah rumah axle belakang.

Buat tipe bodi monokok, titik tumpuan juga telah tersedia. Terletak diantara kolong bagian dalam di pintu samping. “Bagian ini bukan yang dicat, bukan di rocker panel juga. Posisinya agak ke dalam,” kata Sandra. Khusus monokok, tidak disarankan mendongkrak dari arm.

Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak yang benar pada Honda Mobilio.

Perhatian
Hal yang perlu menjadi perhatian, pondasi dongkrak mesti datar agar stabil. Jangan pernah hanya mengandalkan dongkrak bila ingin memasukan bagian tubuh ke kolong mobil. “Itu juga dilihat dari kondisi lapangannya, bisa saja masih goyang. Kalau mau lebih kuat dikasih jackstand. Dongkrak itu fungsinya mengangkat bukan sebagai penopang,” tegas Sandra.

Sebelum mulai mendongkrak, pastikan rem parkir telah digunakan, bila perlu tambahkan pengganjal di setiap roda. Setelah selesai digunakan, kembalikan perkakas ke tempat semula agar siap digunakan di kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.