Jangan Cuek, Cari Tahu Posisi Dongkrak Mobil

Kompas.com - 03/06/2019, 15:24 WIB
Pada Datsun GO  dengan tipe bodi monokok tumpuan dongkrak di belakang tersedia pada bagian yang menonjol seperti pada gambar. Bahan bagian itu terbuat dari karet dan sudah didesain untuk kepala dongkrak bawaan mobil. Febri Ardani Pada Datsun GO dengan tipe bodi monokok tumpuan dongkrak di belakang tersedia pada bagian yang menonjol seperti pada gambar. Bahan bagian itu terbuat dari karet dan sudah didesain untuk kepala dongkrak bawaan mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dongkrak mobil bisa dibilang sebagai alat bantu yang jarang dipakai. Beberapa pemilik mobil bahkan ada yang tidak pernah menggunakannya. Namun, sebelum mudik penting untuk mengetahui posisi penyimpanannya di dalam mobil.

Pasalnya, banyak kejadian ban bocor saat perjalanan mudik. Dalam keadaan darurat seperti itu, pengendara mobil terpaksa harus mengganti ban mobil sendiri.

Baca juga: Posisi Duduk Nyaman, Mudik Lebih Aman

Tentu proses penggantian ban serep akan menjadi lama jika lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari-cari dongkrak. Akan semakin tidak nyaman jika hal tersebut terjadi saat dini hari.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, menjelaskan "Tempat dongkrak yang umum sekarang ada yang di bawah jok kursi depan penumpang dan ada yang di bagasi atau kompartemen bagian belakang kendaraan."

Tempat menyimpan dongkrak mobil juga tidak selalu sama dengan ban serep. Ada mobil yang menyimpan ban serep di bagian bawah bagasi, namun dongkraknya ada di bawah jok kursi depan penumpang.

Baca juga: Pesan Bos Nissan Buat yang Mudik Pakai LCGC

"Ada yang tempat menyimpannya di samping belakang kanan bagasi belakang. Beberapa mobil juga ada yang menyimpannya berdekatan dengan ban serep, di ruang bagasi," jelas Imam, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dengan mengetahui posisi tempat menyimpan dongkrak, tentu akan mempercepat proses penggantian ban serep.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X