Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal GIIAS 2019 Dipercepat demi Dongkrak Penjualan Mobil

Kompas.com - 15/05/2019, 07:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran GIIAS 2019 akan berlangsung pada 18-28 Juli 2019. Jadwal ini maju sekitar tiga pekan dibandingkan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya yang biasa digelar Agustus.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan, majunya jadwal GIIAS 2019 merupakan langkah untuk menggenjot penjualan mobil di awal semester kedua. Penurunan penjualan terjadi khususnya kuartal I hingga 13 persen, terimbas Pemilu Dewan dan Presiden.

Baca juga: Mitsubishi Triton Terbaru Meluncur di GIIAS 2019?

"Sehingga dengan kita mengadakan pameran yang lebih maju, ini merupakan kesempatan untuk mendongkrak penjualan supaya bisa naik," kata Nangoi di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

GIIAS 2019Foto: KOMPAS.com/Gilang GIIAS 2019

Nangoi mengatakan, pengalaman Gaikindo, dalam setahun penjualan mobil di semester pertama menyerap sekitar 40-43 persen penjualan, sedangkan sisanya yakni 50-60 persen terserap di semester kedua.

"Dengan kita genjot penjualan di pertengahan bulan Juli ini bisa menolong. Perlu dicatat sampai saat ini Gaikindo belum merubah forecast (ramalan) kita yaitu penjualan 1,1 juta kendaraan selama 2019," kata Nangoi.

Baca juga: Honda Monkey Akan Meluncur di GIIAS 2019

Peserta GIIAS 2019

Sampai dengan Mei 2019, tercatat ada 25 merek mobil dan 11 merek motor yang ikut serta. Merek mobil yang sudah terdaftar yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan kendaraan komersial FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, serta Ud Trucks.

Sedangkan 11 merek motor yang sudah terdaftar ikut pameran seperti, Benelli, Harley-Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com