Tips Menaikkan Kualitas Audio Mobil

Kompas.com - 12/06/2019, 16:02 WIB
Ruang bagasi diubah menjadi sarang air suspensi dan instalasi audio Stanly/KompasOtomotifRuang bagasi diubah menjadi sarang air suspensi dan instalasi audio

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pemilik mobil banyak melakukan modifikasi atau upgrade pada sistem audio. Tujuan utama tentu agar suara yang dihasilkan bisa enak di telinga atau sesuai dengan selera.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan modifikasi pada sistem audio. Dalam sistem audio, terdapat beberapa komponen utama, antara lain speaker, power amplifier, kabel, dan subwoofer.

Pujiyanto Suryana, teknisi audio dari MusicArt mengatakan, bahwa semua komponen ini harus saling mendukung satu sama lain.

Baca juga: Tips Modifikasi Audio untuk Mobil Harian

" Audio itu seperti rantai, berhubungan semua. Kalau suara mau bagus, ya tidak bisa hanya ganti speaker saja atau subwoofer saja," ujar Puji, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Nanti pasti ada saja kekurangannya kalau seperti itu. Percuma speaker bagus tetapi power amplifier tidak mendukung atau sebaliknya," kata Puji.

Baca juga: Investasi Audio buat di Kabin Mobil

Puji menambahkan, bahwa sebenarnya yang paling penting itu semuanya satu paket dan harus matching. Namun, tidak harus dari satu merek yang sama, yang penting cocok dan saling melengkapi.

"Misalkan, speaker-nya butuh amplifier yang seperti apa, nanti amplifier-nya mencocokkan. Jadi, tidak masalah pakai merek apa, yang penting seimbang dan semua bersinergi. Namanya juga kan sistem audio," ujar Puji.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X