Mau Modifikasi Audio Kia, Baiknya Lakukan Ini! - Kompas.com

Mau Modifikasi Audio Kia, Baiknya Lakukan Ini!

Setyo Adi Nugroho
Kompas.com - 13/10/2017, 16:33 WIB
Interior Kia All New SportageKompasOtomotif Interior Kia All New Sportage

Jakarta, Kompas Otomotif - Modifikasi untuk mengubah fitur bawaan kendaraan kerap dilakukan pemilik. Salah satunya adalah bagian head unit perangkat audio. Ini juga yang mungkin terbesit pada pengguna produk Kia.

Produk-produk Kia memiliki desain audio yang konservatif dengan banyaknya tombol-tombol pengatur di bagian dashboard. Bagi yang gemar dengan model lebih sederhana dan menggemari layar sentuh besar, membuat head unit bawaan ini menjadi alasan pertama untuk memodifikasi.

Tapi ternyata ada hal yang perlu dilakukan sebelum memodifikasi audio tersebut. Apakah itu?

"Sebaiknya ajak teknisi Kia untuk berdiskusi mengenai hal ini. Bilang saja mau mengubah head unit, nanti kita bantu kok untuk bagaimana cara pemasangan yang benar," ucap Tonny Saptono, Senior Intructur dan Product Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu.

Baca : Desain Audio Kia Terlihat Kaku, Ada Alasannya

Menurut Tonny, ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan konsumen setelah penggantian audio. Utamanya pada pemasangan kabel dan konektor yang tidak membahayakan.

Tujuan lain adalah konsumen tetap merasakan pengalaman baik berkendara bersama mobil Kia. Jangan sampai pengalaman tersebut berubah menjadi celaka karena pemasangan audio yang tidak tepat.

"Audionya silahkan sesuai dana dan keinginan, tapi ajak kita berdialog. Nanti soal kabel dan konektor kita kasih tahu karena berbeda. Apalagi sekarang sudah terkoneksi dengan tombol di lingkar kemudi juga," ucap Tonny.

Lantas apakah artinya Kia akan memberikan perlindungan garansi terhadap ubahan ini? Ternyata tidak.

"Tidak dibenarkan sebenarnya, dari Kia tidak memperbolehkan. Tapi bagaimana agar pemasangannya ini benar dan tidak menimbulkan bahaya, kita arahkan. Kalau karena ubahan audio ini ada apa-apa, risiko tetap ditanggung pemilik," ujar Tonny.

 

PenulisSetyo Adi Nugroho
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM