Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Audio "Kustom" Menambah Bobot Satu Orang

Kompas.com - 28/12/2015, 18:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memasang audio mobil dengan boks kustom masih menjadi salah satu alternatif modifikasi para pemilik mobil. Demi tatanan suara ciamik, pemilik kendaraan harus mau rela berkorban.

Bukan sekedar mengorbankan ruang bagasi yang hilang, tapi punya sistem pemanja telinga di atas spesifikasi standar ini juga punya efek lain, yakni penambahan bobot.

Heri Midianto, pemilik toko The Art of Sound di Sentra Otomotif Pasar Inpres Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (28/12/2015), mengatakan bahwa memasang audio dengan instalasi kustom minimal menambah bobot setara satu orang.

”Siap-siap seperti sudah diisi satu orang, sekitar 50 kg-60 kg. Ini bobot minimal, dan tergantung pada apa saja jenis audio yang dipasang. Mengurangi performa (mesin) sih nggak, sama saja seperti nambah satu orang. Tidak ada masalah,” kata pria yang akrab disapa Heri Audio itu.

Bobot seberat itu berasal dari bahan-bahan pembuat instalasi yang terdiri dari papan MDF dengan ukuran yang bervariasi, mulai 12 mm–15 mm. Belum lagi ditambah bahan-bahan lain seperti akrilik, resin, dempul, dan fiber.

Bahan-bahan pembuat instalasi itu lalu ditambah dengan bobot peranti audio yang juga cukup berat. Taruhlah memasang dua subwoofer, dua power, dan dua pengeras suara. Distribusi berat di bagian belakang siap-siap bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com