Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Honda Siap Panaskan Laga Awal ARRC 2018

Kompas.com - 02/03/2018, 09:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Bangkok, KOMPAS.com – Lima pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) siap memulai laga perdana Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2018 di Buriram International Circuit, Thailand (2-3/3/2018). PT Astra Honda Motor (AHM) akan turun di dua kelas kompetisi, yaitu Asia Production 250 (AP250) dan Supersport 600 (SS600).

Rheza Danica Ahrens, Awhin Sanjaya, dan Mario Suryo Aji yang meruapakan pendatang baru didikan Astra Honda Racing School akan berkompetisi di kelas AP250 menggunakan CBR250RR. Sementara untuk kelas SS600 akan diisi oleh Irfan Ardiansyah yang kini diperkuat oleh Andi "Gilang" Farid Izdihar.

Musim 2018 juga menjadi ajang perdana bagi pebalap Mario. Meski masih perlu banyak penyesuaian, namun pebalap berusia 13 tahun ini sudah bisa membuktikan tampil kompetitif menggeber CBR250RR dengan menembus posisi empat besar dan naik ke posisi tiga pada sesi latihan terakhir dengan perolehan 1:53.733.

“Saya melakukan sejumlah set-up untuk suspensi dan setting lainnya dalam dua hari tes. Dari capain waktu yang cukup konsisten, saya optimis dan akan berjuang di debut awal saya," ujar Mario kepada media di Thailand, Kamis (1/3/2018).

Baca : Target Tiga Tahun Pebalap Honda Indonesia Masuk MotoGP

Tidak hanya Mario, Rheza juga cukup kompetitif di barisan depan. Pada hari pertama latihan, Rheza sukses memacu Honda CBR250RR dan terus berada di posisi tiga besar dengan catatan waktu terbaik 1:53.779.

Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2018, Buriram, ThailandISTIMEWA Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2018, Buriram, Thailand
Sedangkan Awhin berhasil mengalami peningakatan kecepatan di hari kedua tes dengan catatan waktu 1:54.121. Ketiganya akan berusaha tampil maksimal untuk mengibarkan bendera merah putih di Thailand dengan menguasai podium meski persaingan di lintasan makin memanas.

“Persaingan antar produk sepeda motor di kelas 250cc selalu bisa menghibur dan menegangkan untuk disaksikan. Kami harap semangat Satu Hati dan aksi pebalap AHRT di atas CBR250RR bisa dinikmati dan menjadi inspirasi pecinta balap di Tanah Air, terutama kebanggaan saat para pebalap AHRT bisa menapaki podium dan menjadikan Indonesia sebagai juara,” ujar General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indraputra.

Andi Gilang dan Irfan Ardiansyah akan berduet di kelasa SS600. Pengalaman Andi Gilang berkompetisi di berbagai kejuaraan Asia dan Eropa juga turut menjadi bekal kuat bertarung memperebutkan posisi terdepan.

Dari hasil tes resmi, keduanya sudah membuktikan kompetesinya bertarung di barisan depan. Andi Gilang menjalani proses penyesuaian yang tidak mudah dalam mencari gaya balapnya, meski demikian Andi berhasil membuat catatan waktu terbaik di 1:40.203, dan Irfan 1:40.871.

Kelima pebalap akan melintasi sirkuit dengan panjang 4.554 m yang tahun ini resmi menjadi salah satu arena MotoGP. Selama dua hari, mereka akan bertarung memperebutkan podium untuk mengibarkan merah putih.

Baca : Gerry Salim Start ARRC AP250 dari Barisan Depan

Pebalap Honda siap berlaga di Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2018 Buriram .ISTIMEWA Pebalap Honda siap berlaga di Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2018 Buriram .
“Melihat kesiapan dan semangat para pebalap AHRT, kami optimis tahun ini akan mampu mempertahankan bahkan menambah kejayaan Indonesia di lintasan balap Asia. Kami mohon doa dan dukungan dari pecinta balap Tanah Air sehinga mampu meraih hal tersebut,” tutup Indraputra.

ARRC 2018 sendiri akan diselenggarakan sebanyak enam seri dimana masing-masing seri akan menghelat dua kali balapan. Setelah Thailand, selanjutnya di Australia (19-22/4/2018), Jepang (1-3/6/2018), India (3-5/8/2018), Indonesia (12-14/102018), kembali ke Thailand untuk laga final (1-2/12/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com