Cara Redam Getaran Berlebih Vespa Non I-Get

Kompas.com - 09/01/2018, 10:25 WIB
Suasana di Bengkel Vespa di Jalan Margonda, Depok pada Jumat (29/12/2017) KompasOtomotif/Alsadad RudiSuasana di Bengkel Vespa di Jalan Margonda, Depok pada Jumat (29/12/2017)
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Jakarta, KompasOtomotifVespa-vespa modern yang beredar pada kurun waktu sekitar 2011 hingga 2015 memiliki penyakit getar saat dibawa pelan. Ini adalah Vespa-vespa modern sebelum adanya teknologi mesin Italian Green Experience Technology (I-Get). Getaran biasanya sangat terasa saat motor dibawa di tengah kondisi macet.

Baca juga : Vespa Sprint dan Primavera Jadi Minim Getaran

Namun penyakit getar ini ternyata ada obatnya. Techinical Training Manager dari Piaggio Indonesia Yudi Riswanto mengatakan, problem getar ini bisa diatasi dengan pergantian satu set kampas kopling. Saat ini, harga satu set kampas kopling untuk tipe Primavera 150 di bengkel resmi Vespa berkisar Rp 1,29 juta. Harga ini belum termasuk jasa pasang.

"Kampas kopling satu set dengan per dan sebagainya. Bukan kampas batangan satu atau dua biji. Tapi satu set. Karena yang berpengaruh per-nya," kata Yudi kepada KompasOtomotif, Senin (8/1/2018).

 

Mesin i-get Vespa dan PiaggioStanly/Otomania Mesin i-get Vespa dan Piaggio

Selain mengganti satu set kampas kopling, salah satu cara untuk menghilangkan penyakit getar pada vespa modern non I-Get biasanya juga dibarengi dengan pergantian roller yang lebih ringan. Cara ini biasanya dilakukan di bengkel spesialis Vespa umum yang bukan bengkel resmi. Bila ditambah pergantian roller biasanya biaya bisa mencapai Rp 2 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Ini Solusi Penyakit Getar pada Vespa

Menanggapi cara tersebut, Yudi menilai pergantian roller ringan memang cukup bisa mengurangi efek getar. Karena bisa memperlambat daya angkat kopling ke RPM tinggi. Namun Yudi menilai cara ini tidak berpengaruh signifikan dalam mengurangi getar. Karena itu lebih disarankan penggunaan cara yang pertama.

"Kalau hanya ganti roller tidak banyak membantu sebenarnya. Dengan kondisi standar tinggal ganti kampas kopling satu set sudah bisa. Tanpa perlu mengganti rumah kopling," ucap Yudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.