Kenali Penyebab Vespa Modern Susah Distarter - Kompas.com

Kenali Penyebab Vespa Modern Susah Distarter

Aditya Maulana
Kompas.com - 02/12/2017, 07:42 WIB
Bengkel spesialis Vespa dan Piaggio mtik yang berlokasi di Jalan Layur Pulogadung Jakarta TImurGhulam/Otomania Bengkel spesialis Vespa dan Piaggio mtik yang berlokasi di Jalan Layur Pulogadung Jakarta TImur

Jakarta, KompasOtomotif - Masalah yang sering dialami pengguna Vespa modern, yaitu terkadang sulit menyalakan mesin dengan cara starter. Bila mengalami kondisi seperti itu jangan langsung menuduh ada masalah pada aki.

Menurut Ichan salah satu mekanik bengkel Vespa di Jalan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, bisa juga dikarenakan masalah pada motor starter atau dinamo starter yang kemampuan kerjanya sudah tidak maksimal lagi.

"Jika masalahnya karena aki atau dinamo starter terkadang tidak ada toleransi. Harus diganti dengan yang baru, karena punya masa pakai yang memang tidak bisa diservis," kata Ichan saat ditemui KompasOtomotif belum lama ini.

Baca juga: Harga Vespa 946 Red Lebih Mahal dari Mobil Murah

Ciri-ciri

Agar tidak mogok atau kesulitan di jalan, pemilik Vespa modern wajib tahu seperti apa ciri-ciri aki atau dinamo starter yang bermasalah. Paling mudah, dari bunyi klakson dan sistem pencahayaan.

Vespa GTS 150 dan 300 terbaru meluncur di Indonesia, (26/9/2017).Piaggio Vespa GTS 150 dan 300 terbaru meluncur di Indonesia, (26/9/2017).

"Kalau sudah tidak maksimal, misal bunyi klakson kecil dan pancaran lampu juga kecil, itu biasanya tanda-tandanya," kata dia.

Bicara mengenai umur masa pakai, lanjut Ichan kurang lebih sekitar dua tahun untuk dinamo starter. Namun, tergantung juga dari pemakaian dari Vespa itu sendiri.

"Justru kalau memang jarang dipakai bisa kurang dari itu. Sebab, komponennya itu lama tidak bekerja, kalau dipakai setiap hari kurang lebih sekitar dua tahun," ucap Ichan.

PenulisAditya Maulana
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM