Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Vespa Modern Susah Distarter

Kompas.com - 02/12/2017, 07:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Masalah yang sering dialami pengguna Vespa modern, yaitu terkadang sulit menyalakan mesin dengan cara starter. Bila mengalami kondisi seperti itu jangan langsung menuduh ada masalah pada aki.

Menurut Ichan salah satu mekanik bengkel Vespa di Jalan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, bisa juga dikarenakan masalah pada motor starter atau dinamo starter yang kemampuan kerjanya sudah tidak maksimal lagi.

"Jika masalahnya karena aki atau dinamo starter terkadang tidak ada toleransi. Harus diganti dengan yang baru, karena punya masa pakai yang memang tidak bisa diservis," kata Ichan saat ditemui KompasOtomotif belum lama ini.

Baca juga: Harga Vespa 946 Red Lebih Mahal dari Mobil Murah

Ciri-ciri

Agar tidak mogok atau kesulitan di jalan, pemilik Vespa modern wajib tahu seperti apa ciri-ciri aki atau dinamo starter yang bermasalah. Paling mudah, dari bunyi klakson dan sistem pencahayaan.

Vespa GTS 150 dan 300 terbaru meluncur di Indonesia, (26/9/2017).Piaggio Vespa GTS 150 dan 300 terbaru meluncur di Indonesia, (26/9/2017).

"Kalau sudah tidak maksimal, misal bunyi klakson kecil dan pancaran lampu juga kecil, itu biasanya tanda-tandanya," kata dia.

Bicara mengenai umur masa pakai, lanjut Ichan kurang lebih sekitar dua tahun untuk dinamo starter. Namun, tergantung juga dari pemakaian dari Vespa itu sendiri.

"Justru kalau memang jarang dipakai bisa kurang dari itu. Sebab, komponennya itu lama tidak bekerja, kalau dipakai setiap hari kurang lebih sekitar dua tahun," ucap Ichan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com