Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Bengkel Panggilan 24 Jam Pasang Tarif Lebih Mahal

Kompas.com - 24/04/2024, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Layanan bengkel panggilan 24 jam umumnya pasang tarif lebih mahal daripada bengkel umum. Selisih tarif bisa cukup besar sehingga kerap dibandingkan dengan bengkel lain.

Fenomena ini juga kerap dianggap sebagai kegiatan ‘aji mumpung’ atau memanfaatkan keadaan. Berhubung kondisi darurat maka konsumen bakal rela mengeluarkan uang lebih besar demi mendapatkan layanan.

Hendrix, Pemilik bengkel panggilan 24 jam Hascar Service Semarang, mengatakan, bukan tanpa alasan tarif layanan bengkel panggilan tidak sama dengan bengkel langganan.

Baca juga: Pemilik Bengkel di Cirebon Dirampok dan Dibunuh

Bengkel panggilan 24 jam di SemarangTangkapan layar Bengkel panggilan 24 jam di Semarang

“Tarif layanan kami sebenarnya tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan kondisinya, tapi jika dibandingkan dengan bengkel langganan atau diler resmi mungkin tarif kami lebih mahal,” ucap Hendrix kepada Kompas.com, Rabu (24/4/2024).

Hendrix mengaku usahanya kerap mendapatkan komentar negatif terkait tarif karena dibanding-bandingkan dengan bengkel langganan. Padahal, menurutnya kondisinya berbeda antara kerja dalam kondisi darurat, malam hari, kondisi medan tidak menentu dengan kondisi di markas.

Selain membutuhkan waktu dan tenaga khusus, Hendrix mengaku pengadaan onderdil dan peralatan bagi bengkel panggilan yang bekerja 24 jam tidak semudah bengkel langganan.

Baca juga: Kebakaran Bengkel Mobil di Luwu Utara, Pemilik Tewas Usai Dirawat di RS


“Kami punya toko onderdil sendiri di Semarang, ketersediaannya cukup lengkap guna menghindari permainan harga, ketika malam kebanyakan toko tutup beberapa onderdil bisa saja dijual lebih mahal. Ini yang kami hindari makanya menyediakan sendiri,” ucap Hendrix.

Bahkan tuntutan konsumen juga berbeda menurut Hendrix karena kondisinya di jalan maka harapannya mobil bisa segera kembali prima dan dapat melanjutkan perjalanan. Artinya selain harus tepat, pekerjaan juga harus cepat dilakukan.

“Semua itu harus kami lakukan dengan profesional dengan dukungan peralatan lengkap di mobil, dan menyediakan onderdil fast moving dan onderdil sering rusak di perjalanan,” ucap Hendrix.

Jadi, perbedaan itulah yang membuat bengkel panggilan 24 jam, khususnya Hascar Service pasang tarif lebih mahal daripada bengkel langganan atau bahkan diler resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com