Vespa Sprint dan Primavera Jadi Minim Getaran

Kompas.com - 31/05/2016, 17:34 WIB
Test Ride Vespa Sprint dan Primavera Aditya Maulana - KompasOtomotifTest Ride Vespa Sprint dan Primavera
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Pembahasan paling menarik adalah mengenai teknologi mesin Italian Green Experience Technology (i-get) yang sudah tersemat pada Vespa Sprint, Primavera, Piaggio Liberty terbaru dan Medley. Selain ramah lingkungan dan hemat bahan bakar minyak (BBM), juga diklaim minim getaran.

Ketika sesi test ride di tempat parkir salah satu restoran di bilangan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, KompasOtomotif mencoba menyalakan mesin kedua model Vespa itu. Kesan pertama, suaranya benar menjadi lebih halus, beda jauh dengan generasi-generasi sebelumnya yang kasar.

Selongsong gas pun sedikit diputar dan hasilnya putaran mesin benar-benar lebih halus dan saat dibawa jalan juga tidak kasar. Ubahan lain yang menurut KompasOtomotif paling signifikan adalah semuanya menjadi minim getaran, karena biasanya yang dikeluhkan pengguna Vespa adalah mengenai getar dan suara kasar.

Stanly/Otomania Mesin i-get Vespa dan Piaggio

Biasanya di Vespa model apa saja, selain Sprint dan Primavera terbaru ini, suara hentakan mesin saat mulai menyala sangat kasar dan dibawa jalan getarannya terasa sampai ke badan. Di atas kertas, kedua model ini sama-sama dibekali mesin 4 langkah, silinder tunggal dengan tiga katup berkapasitas 154,8 cc.

Tempat pengujiannya memang sangat tidak memadai, bayangkan saja hanya di pelataran parkir mobil dan disediakan jaket dan helm, masing-masing hanya dua, sehingga kebanyakan tidak menggunakan perlengkapan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, meski tidak bisa menguji secara maksimal, tetapi inti dari ubahan mesin ini sudah bisa dirasakan. Paling utama adalah hentakan mesin di awal tidak kasar dan getaran menjadi hilang membuat penggunanya bisa merasa lebih nyaman.

Aditya Maulana - KompasOtomotif Test Ride Vespa Sprint dan Primavera

Tidak berhenti sampai di situ, sistem suspensi juga ternyata mendapatkan ubahan. Suspensi depan menggunakan lengan tunggal dengan pegas helical dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda, sedangkan belakang peredam kejut tunggal dengan empat tingkat.

Berkat lengan ayun itu, selama kurang lebih lima menit berkendara berputar-putar parkiran, jauh lebih nyaman atau empuk. Perbedannya sangat jauh dengan generasi sebelumnya yang keras.

Posisi Duduk

Pengendara dengan tinggi badan di atas 170 cm, untuk naik Vespa Sprint dan Primavera, bisa jauh lebih aman. Skutik yang memiliki panjang 1.852 mm, lebar 680 mm dan jarak dari jok ke tanah 780 mm, kedua kaki bisa menapak dengan sempurna ke tanah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.