Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hemat Restorasi Vespa Lawas

Kompas.com - 07/01/2018, 12:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Restorasi vespa generasi lawas biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Penyebabnya karena terbatasnya suku cadang. Bahkan acapkali pemilik Vespa lawas sampai harus berburu suku cadang di luar negeri.

Ditemui KompasOtomotif pada Senin (1/1/2018), seorang builder Vespa lawas, Guntur Leo mengatakan, restorasi Vespa lawas sebenarnya bisa ditekan. Caranya dengan hanya memperbaiki komponen yang rusak. Dengan cara ini, pemilik Vespa lawas bisa menekan biaya agar lebih hemat.

"Misalnya baru habis beli Vespa lawas yang kaki depannya sudah enggak enak. Ya sudah, kaki depannya saja yang diperbaiki. Jadi ngobatin yang sakitnya aja. Jangan semua dipretelin," ujar Guntur.

Sebuah Vespa generasi lawas tipe Gran Lusso.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sebuah Vespa generasi lawas tipe Gran Lusso.

Guntur tidak melarang pemilik Vespa lawas untuk merombak total tunggangannya, termasuk mengganti komponen yang sebenarnya masih berfungsi dengan baik. Sepanjang memiliki dana yang cukup, merombak total motor tentu sah-sah saja. Namun ia kembali mengingatkan melakukan hal tersebut bisa menghabiskan dana yang tidak sedikit.

"Seringkali kita kan walaupun mesin masih sehat, cuma kitanya yang gatel masih dioprek lagi dari nol. Tapi nanti habisnya bisa sama kayak beli motor baru. Lebih malah," kata anggota komunitas Kutu Community ini.

Baca Juga: Manasin Motor Jangan Kelamaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com