Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Solusi "Penyakit" Getar pada Vespa

Kompas.com - 18/09/2015, 09:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna skuter Vespa atau Piaggio terutama model LX di Indonesia adalah getaran yang terlalu kencang saat sepeda motor tersebut melaju. Apalagi ketika berjalan pelan atau saat macet, gejala seperti itu sering terjadi. Tapi jangan khawatir, karena “penyakit” itu sudah ada “obatnya”.

Salah satu bengkel Vespa yang bisa menanganinya adalah Scooter Layur di Jalan Layur, No.88, Rawamangun, Jakarta Timur. Bahkan, tersedia paket hemat (pahe) untuk menghilangkan getar pada skuter Vespa dan Piaggio. Cukup merogoh kocek Rp 1,85 juta, getarannya dijamin hilang.

“Itu penyebabnya karena roller terlalu berat. Kita ganti roller-nya dengan ukuran yang lebih ringan serta beberapa bagian yang juga diganti. Getarannya akan hilang,” ujar pemilik Scooter Layur Manto saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (17/9/2015).

Manto menjelaskan, mesin Vespa LX 2 katup terbaru rata-rata menggunakan roller yang beratnya 11,5 gram dan 3 katup bobotnya 15 gram, sedangkan lama hanya 10 gram. Solusinya, ukuran 15 gram diturunkan ke 11,5 gram dan 10 gram diganti 8,5 gram. Roller yang digunakan juga merupakan suku cadang asli dari pabrikan sehingga kualitasnya tetap terjaga.

“Karena konsumen banyak yang mengeluhkan hal itu, maka kita buatkan paket hemat. Dengan uang kurang dari Rp 2 juta getar sudah hilang, tapi lain lagi jika konsumen ingin pakai suku cadang yang lebih bermerek, harganya lebih dari itu, kita sesuaikan saja dengan keinginan konsumen, tapi kita siapkan paket hemat tadi,” ujar Manto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com