Harga Restorasi Vespa Ini, Sama dengan Beli Mobil Seken - Kompas.com

Harga Restorasi Vespa Ini, Sama dengan Beli Mobil Seken

Alsadad Rudi
Kompas.com - 07/01/2018, 10:22 WIB
Vespa generasi lawas tipe Gran Lusso sebelum dan setelah direstorasi.Foto Pemilik Motor Vespa generasi lawas tipe Gran Lusso sebelum dan setelah direstorasi.

 

Jakarta, KompasOtomotif - Meski sudah tidak diproduksi lagi, Vespa- vespa generasi lawas masih banyak yang diburu oleh para pecintanya. Salah satu varian Vespa lawas yang kini banyak diburu adalah Vespa Gran Lusso.

Gran Lusso merupakan Vespa yang diproduksi Piaggio pada era tahun 1960-an. Karena sudah cukup lamanya masa produksi motor tersebut, sebagian Vespa Gran Lusso yang kini beredar banyak yang sudah rusak.

Baca juga : Bisakah Vespa Lawas Servis di Bengkel Resmi?

Untuk bisa membuat Gran Lusso menarik kembali, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 20 juta. Hal itulah yang dilontarkan oleh Edwin Sudarmawan, salah satu pemilik Vespa Gran Lusso anggota komunitas Vespa "Kutu Community" saat ditemui KompasOtomotif, Senin (1/1/2017).

Sebuah Vespa generasi lawas tipe Gran Lusso.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sebuah Vespa generasi lawas tipe Gran Lusso.

Menurut Edwin, Gran Lusso miliknya merupakan produksi tahun 1964 yang dibelinya sekitar tahun 2015. Saat itu, motor tersebut masih bisa dioperasikan. Namun bodynya sudah berkarat. Edwin pun membelinya dengan harga hampir mencapai Rp 20 juta.

"Dulu tampangnya begini. Tapi masih bisa jalan," kata Edwin sambil memperlihatkan foto sebelum Darling miliknya direstorasi.

Menurut Edwin, tantangan yang harus dihadapi saat merestorasi Vespa jadul adalah mencari suku cadang dan aksesoris. Selain berburu ke sesama penggemar Vespa, Edwin juga membeli suku cadang dan aksesoris melalui situs jual beli online "e-bay". Total biaya yang dikeluarkan Edwin untuk memperbaiki motornya itu mencapai sekitar Rp 20-an juta.

"Restorasi mesin, body, aksesoris, termasuk ubah kelistrikan total habisnya Rp 20-an juta," ucap Edwin.

Artinya, biaya membeli Vespa ini ditambah dengan biaya restorasi, bisa mencapai Rp 40 jutaan. Angka yang sama dengan harga mobil seken tahun 90-an.

PenulisAlsadad Rudi
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM