Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Vulcan S, ”Cruiser” Bermesin ER-6

Kompas.com - 16/10/2014, 15:49 WIB
motorcycledaily Posisi berkendara sangat nyaman untuk pengendaraan sehari-hari.

Milan, KompasOtomotif – Kawasaki mengumumkan kehadiran cruiser kelas menengah, Vulcan S 2015. Sepeda motor ini sudah meluncur di Amerika Serikat, sementara pasar Eropa akan melihatnya untuk pertama kali pada gelaran EICMA, di Milan, mulai 4 November 2014 mendatang.

Dalam siaran pers Kawasaki yang diunggah Visordown (16/10/2014), Vulcan S bukanlah cruiser sehari-hari yang standar. Lebih dari itu, tunggangan ini jauh lebih inovatif dan fashionable dengan posisi berkendara yang rendah, serta mempertajam personalisasi kaum urban menuju kontemporer.

Yang menarik, sepeda motor ini menggunakan mesin 649cc paralel kembar, sama seperti milik Versys 650 dan ER-6. Meski sama, Kawasaki menyetelnya ulang untuk menyesuaikan dengan gaya cruiser, terutama untuk putaran bawah dan menengah.

motorcycledaily Banyak hal baru, termasuk suspensi yang bisa diubah 7 setelan.

Nyaman
Jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga hingga 61 tk dan torsi maksimal 62 Nm. Bobot kendaraan mencapai 225 kg, dan 228 kg jika ditambah ABS. Peranti rem cakram depan-belakang, didukung suspensi belakang yang sama dengan ER-6 yang bisa disetel hingga tujuh tingkat.

Jarak jok ke tanah yang pendek memudahkan siapa saja mengendarainya. Tua, muda, laki-laki, mau pun perempuan. Sasis yang ramping memudahkan manuver dan menghasilkan posisi duduk yang sangat nyaman.

Tidak ada kompromi dengan kestabilan. Dengan jarak sumbu roda yang panjang, center of gravity yang rendah, dan sentralisasi bobot yang seimbang membuat pengendaliannya jauh lebih stabil, baik untuk jalan kencang, juga bermanuver.

Di AS, harga model ini dipatok 6.999 dollar atau setara Rp 85,6 juta untuk tipe standar. Sedangkan tipe yang dilengkapi ABS dibanderol 7.399 dollar atau Rp 90,4 juta. Belum ada pengumuman harga untuk pasar Eropa, begitu juga kepastian penjualan model ini di Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com