Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini jika Mobil Terbakar di SPBU Saat Isi BBM

Kompas.com - 06/06/2024, 08:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian mobil terbakar di SPBU kembali terjadi dan terekam kamera CCTV. Kali ini musibah menimpa Toyota Avanza saat sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU.

Dalam video yang diunggah sejumlah akun Instagram bernama @elphynsinggu, terlihat detik-detik peristiwa mobil terbakar yang terjadi di SPBU. Beruntung sang sopir sigap mendorong mobil menjauhi dispenser BBM, meski hal tersebut bisa membahayakan dirinya sendiri.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, langkah yang dilakukan sopir dalam video tersebut sudah benar. Tetapi alangkah baiknya jika tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Baca juga: Cerita Pemilik Usaha Bengkel Pelek Jari-jari Motor yang Kian Meredup

“Tindakannya sudah benar, tetapi tetap berisiko. Lebih efektif jika menggunakan APAR jika tersedia,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/6/2024).

Sony melanjutkan, SPBU merupakan area yang berbahaya sehingga tidak boleh ada aktivitas dan peralatan yang bisa memicu timbulnya api.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paman Elphyn Singgu (@elphynsinggu)

“Sebagai praktisi keselamatan, ada hal-hal baik yang biasa saya terapkan kepada penumpang. Pertama, masuk area pom bensin mulai meletakan HP dan tidak ada boleh yang mengoperasikannya,” ucap Sony.

Selanjutnya, matikan mesin saat isi bahan bakar untuk memastikan tidak ada kelistrikan yang hidup dan kendaraan dalam kondisi tidak bergerak.

Baca juga: Pabrik Subaru Thailand dan Malaysia Tutup, Tak Pengaruh ke Indonesia

“Kemudian copot semua safety belt penumpang untuk memudahkan mereka saat harus melakukan evakuasi. Pengemudi juga wajib turun dan melakukan pengisian secara mandiri atau melakukan pendampingan terhadap petugas,” kata Sony.

Terakhir, Sony menyarankan pemilik kendaraan untuk selalu mengamati kondisi sekitar dan jangan pernah merasa aman. Hal ini untuk menghindari kejadian atau hal buruk yang bersumber dari kendaraan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com