Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Trik Aleix Espargaro Bisa Menang di Sprint Race MotoGP Catalunya

Kompas.com - 26/05/2024, 10:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

BARCELONA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro berhasil jadi yang tercepat di sesi Sprint Race MotoGP Catalunya, Spanyol. Raihan yang cukup istimewa sebab dia baru saja megumumkan akan pensiun dari MotoGP usai musim ini.

Espargaro mengatakan, dia menang di Sprint Race MotoGP Catalunya karena bermain cantik. Sejak awal dia tidak ngotot untuk merangsek ke depan melainkan menunggu waktu yang pas agar ban punya traksi yang sesuai dengan trek legendaris tersebut.

Baca juga: Nyaman dengan Handal, Neta Belum Terpikir Bikin Pabrik Sendiri

Aleix EspargaroInstagram @aleixespargaro Aleix Espargaro

“Saya bisa saja melaju secepat mereka, pada awalnya. Setelah awal yang buruk, saya berkata pada diri sendiri ‘mereka sudah melewati batas. Mereka banyak menggunakan bagian depan dan belakang. Saya bisa melihat dari belakang,” katanya dikutip Crash, Minggu (25/5/2024).

“Saya berkata pada diri sendiri ‘terjadi kecelakaan atau mereka akan menghancurkan ban depan dan belakang sehingga Anda akan memiliki pilihan pada akhirnya saya benar,” ujarnya.

Pebalap tim pabrikan Aprilia itu mengatakan dia berusaha tidak terlalu ngotot di awal balapan untuk menjaga kondisi ban.

Bahkan berusaha untuk tidak menyalip lawan di depan dan hanya berusaha untuk mempertahankan kecepatan.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

Baca juga: Honda NW F125, Skutik Klasik tapi Banjir Fitur

“Kalau saya mencoba menyalip, saya akan melewati batas. Jadi saya bilang ‘tunggu lima lap’. Ketika cengkeramannya turun, saya memiliki kemungkinan untuk menyerang. Saya menyerang Jorge Martin, lalu Pedro Acosta, lalu semua orang mulai terjatuh,” ungkapnya.

Namun selain strategi yang cemerlang, kondisi Espargaro juga ditunjang bahwa dia tampil tanpa tekanan karena akan pensiun.

“Saya tidak punya tekanan. Saya punya kontrak sampai akhir, lalu setelah Valencia, saya akan pulang. Saya akan mencoba bersenang-senang, tersenyum,” kata Espargaro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com