Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Gerombolan Kambing Melintas di JLNT Casablanca, Sempat Dikira Ada Razia

Kompas.com - 26/05/2024, 07:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan gerombolan kambing melalui Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan. Rekaman tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama Adinda, Sabtu (25/5/2024).

Dalam tayangan itu, terlihat delapan ekor kambing yang sedang berjalan di lajur kiri jalan JLNT. Di belakangnya tampak mobil berwarna putih menggembalakan kambing untuk tetap tertib di sisi kiri sembari membantu mereka keluar dari JLNT.

Salah satu pengguna jalan bernama Adinda mengatakan, insiden tersebut terjadi di jalur menuju karet pada Sabtu (25/5/2024) pukul 12.32 WIB. Awalnya ia mengira ada razia motor atau kecelakaan, sebab di peta digital terdeteksi jalur yang dilalui berwarna merah (macet).

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai Sprint Race GP Catalunya 2024, Martin Makin Kokoh

“Takutnya ada razia SIM, motor atau kecelakaan, karena banyak insiden di sana kan. Ternyata pas orang-orang sudah ke sisi kanan, saya coba melambatkan laju kendaraan, eh ada kambing dan domba,” kata Adinda, dikutip dari Kompas.com.

Belum diketahui secara pasti kambing tersebut milik siapa. Namun, akibat kambing yang melintas itu, lalu lintas JLNT sempat tersendat karena banyak pengendara mobil yang terpaksa berpindah lajur ke sisi kanan dan menurunkan laju kecepatannya.

@mukpsindisini

Menjelang idul adha, domba pun kesasar

? original sound - shaunthesheep

Pada dasarnya, hewan tidak memiliki akal pikiran untuk memahami potensi bahaya berkeliaran di jalan. Maka dari itu, pengendara harus mengalah saat bertemu hewan menyeberang jalan demi keselamatan bersama.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada sikap yang harus dilakukan pengendara agar tetap aman jika bertemu hewan yang berkeliaran di jalan.

“Pertama wajib lakukan observasi jauh ke depan untuk memastikan ada potensi bahaya apa yang mungkin ada di depan. Sehingga, kita siap dan sigap bila ada potensi bahaya yang mungkin terjadi,” kata Marcell.

Baca juga: Aleix Espargaro Tercepat di Sprint Race MotoGP Catalunya 2024, Bagnaia Terjatuh Jelang Finish

Ia juga mengimbau para pengemudi untuk selalu mematuhi batas kecepatan berkendara yang sudah ditentukan. Sebab, berkendara dengan kecepatan tinggi bisa membuat pengendara telat mengerem saat melihat ada hewan yang melintas di jalan.

“Itulah kenapa kita perlu menaati aturan maksimum dan minimum kecepatan yang ada di jalan. Sehingga, kita punya waktu dan jarak yang cukup untuk berhenti,” ucap Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com