Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Mudah Hilangkan Noda Jamur dan Water Spot pada Bodi Mobil

Kompas.com - 07/03/2024, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan, pemilik mobil harus memperhatikan beberapa poin perawatan penting. Tujuannya tentu supaya tampilan bodi tetap menarik dan manis dipandang.

Satu kendala yang cukup sering dialami pemilik saat musim hujan adalah munculnya bintik-bintik pada bodi. Noda ini dikenal dengan istilah water spot atau bercak jamur.

Penyebabnya beragam, mulai dari hujan yang menempel dan tidak segera dihilangkan, atau karena kesalahan pemilik saat mencuci dengan air kotor.

Robby Kurnia, CEO AutoGlaze Car Detailing menjelaskan, noda tersebut muncul karena ada kandungan polutan pada air. Saat menguap, muncullah endapan kecil yang masuk hingga lapisan clear coat bodi.

Baca juga: Kia Siapkan Mobil Listrik Baru, Meluncur Tahun Ini

Membersihkan bodi mobilAris F. Harvenda Membersihkan bodi mobil

“Kalau bodi mobil kena air yag kotor, baik itu air hujan atau air sumur dan dibiarkan sampai kering, endapannya itu nempel setelah airnya menguap, ini asal muasalnya bercak jamur,” ucapnya saat dijumpai Kompas.com di Tangerang, Rabu (6/3/2024).

Beruntungnya, Robby mengatakan jika kendala semacam ini tergolong ringan dan sangat mudah dihilangkan. Caranya cukup dengan menggunakan beberapa peralatan yang sesuai.

Robby menganjurkan pemilik mobil untuk menyiapkan empat peralatan, yakni all purpose wax mobil, spray coating, dan dua buah microfiber.

Baca juga: Produsen Pelumas Ini Kembali Dukung Prima Pramac Racing di MotoGP

Perawatan bodi mobilScuto Perawatan bodi mobil

“Microfibernya ada dua, yang satu jenis biasa dan satunya microfiber kusus coating application. DUa-duanya ada di toko perabotan, harganya murah,” ucapnya.

Untuk proses menghilangkannya, cucilah mobil seperti biasa dengan sabun dan keringkan menggunakan kanebo. Kemudian lanjut oleskan wax pada area berjamur dan diamkan minimal 15 menit.

Setelah didiamkan, bersihkan lapisan wax menggunakan kain microfiber polos. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai bercak noda nyaris menghilang sepenuhnya. Proses ini bisa dilakukan sekitar tiga sampai empat kali.

Setelah noda mulai hilang, aplikasikan spray coating sedikit demi sedikit dan usap menggunakan microfiber khusus coating. Bodi mobil dipastikan bisa mulus dan bening kembali seperti sedia kala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com