Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Terjawab, Mengapa Top Speed Yamaha YZR-M1 Tembus 338,5 Kpj | Ada Pemilu, Jadwal Ganjil Genap Jakarta Berubah Pekan Ini

Kompas.com - 13/02/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Yamaha membuat heboh dengan mencatatkan kecepatan maksimum atau top speed melebihi Ducati dan kompetitor lain.

Top speed tersebut diraih oleh Fabio Quartararo. Quartararo berhasil mencatatkan kecepatan maksimum YZR-M1 pada hari kedua sesi tes pra-musim dengan tembus 338,5 kilometer per jam. Posisi kedua ditempati oleh KTM dengan Brad Binder mencatatkan 337,5 kilometer per jam.

Selain itu, menyikapi diadakannya agenda pemilihan umum (pemilu) yang diadakan Rabu (14/2/2024), skema ganjil genap Jakarta berubah pada pekan ini.

Normalnya aturan pembatasan lalu lintas ini berjalan selama lima hari kerja, mulai Senin hingga Jumat tanpa henti. 

Baca juga: Motor Terpeleset Saat Terobos Pelintasan, Nyaris Tertabrak Kereta

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin 12 Februari 2024

1. Terjawab, Mengapa Top Speed Yamaha YZR-M1 Tembus 338,5 Kpj

Luca Marini dengan Honda RC213V dan Marco Bezzecchi dengan Ducati Demosedici GP23 berhasil tembus 336,4 kilometer per jam. Sedangkan Aleix Espargaro, mencatatkan 335,4 kilometer per jam menggunakan Aprilia RS-GP.

Baca juga: Terjawab, Mengapa Top Speed Yamaha YZR-M1 Tembus 338,5 Kpj

2. Ada Pemilu, Jadwal Ganjil Genap Jakarta Berubah Pekan Ini

Kemacetan Jakarta, sebab diberlakukannya pembatasan lalu lintas dengan skema Ganjil Genap (Gage)KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kemacetan Jakarta, sebab diberlakukannya pembatasan lalu lintas dengan skema Ganjil Genap (Gage)

Namun khusus pekan ini, ganjil genap ditiadakan pada hari Rabu. Informasi ini dipastikan oleh Arif Syaripuddin, Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta. Dia menjelaskan, hari pemilu bisa digolongkan sebagai libur nasional.

Baca juga: Ada Pemilu, Jadwal Ganjil Genap Jakarta Berubah Pekan Ini

3. Mobil Wajib Menepi jika Lampu Indikator Oli Menyala

Lampu indikator airbag menyala Tangkapan layar Lampu indikator airbag menyala

Sejumlah kendala bisa terjadi saat melakukan perjalanan menggunakan mobil. Salah satunya, yaitu masalah pada sistem pelumasan mesin.

Apabila ada gangguan sistem pelumasan, biasanya lampu indikator oli akan menyala saat mesin berputar. Saat lampu ini menyala maka saat itu juga sebaiknya mobil diberhentikan.

Baca juga: Mobil Wajib Menepi jika Lampu Indikator Oli Menyala

4. Perawatan Mobil Matik yang Sering Terlewatkan

Transmisi mobil transmisi matikKOMPAS.com/Gilang Transmisi mobil transmisi matik

Bagian mekanikal di mobil bukan cuma mesin tapi juga transmisi. Untuk transmisi matik tugasnya terbilang berat karena sistemnya mengatur gigi agar sesuai dengan kecepatan mobil. Untuk itu perawatan transmisi matik perlu ditekankan. Sebab jika dibiarkan umur matik akan pendek, dan jika rusak biaya untuk perbaikan tidak sedikit.

Baca juga: Perawatan Mobil Matik yang Sering Terlewatkan

5. Video Chef Juna Adu Mulut dengan Sopir Truk karena Mobil Saling Pepet

Video Chef Juna terlibat cekcok dengan diduga karena saling pepetinstagram.com/folkshitt Video Chef Juna terlibat cekcok dengan diduga karena saling pepet

Viral di media sosial video yang memperlihatkan juru masak profesional Junior John Rorimpandey alias Chef Juna, beradu mulut dengan sopir truk di salah satu gerbang tol.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @folkshitt, Minggu (11/2/2024), tertulis narasi bahwa aksi cekcok itu terjadi lantaran mobil yang dikendarai Chef Juna dan sopir truk saling pepet. 

Baca juga: Video Chef Juna Adu Mulut dengan Sopir Truk karena Mobil Saling Pepet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com