Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Mobil Klasik BMW E30, Harga Pasarannya Gelap

Kompas.com - 12/02/2024, 19:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedan Eropa seperti BMW E30 kembali banyak dijadikan incaran para pecinta otomotif roda empat. Menariknya, mobil klasik ini bisa dikatakan tidak ada harga pasarannya.

Findy Dony, pemilik bengkel spesialis BMW E30 Fins Garage, mengatakan, untuk mobil klasik seperti BMW E30, harga pasarannya cukup gelap alias tidak menentu.

Baca juga: Restorasi BMW E30 Catatan Si Boy, Bujet Mulai Belasan Juta Rupiah

"Ada yang jual di bawah Rp 50 juta, tapi ada juga yang jual di atas Rp 150 juta. Tapi, untuk yang jual di atas Rp 150 juta, itu (biasanya) sudah direstorasi," ujar Findy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

BMW E30 Alpina, lebih langka ketimbang E30 M3.Carscoops BMW E30 Alpina, lebih langka ketimbang E30 M3.

"Kalau yang di bawah Rp 50 juta, biasanya masih bahan, dalam artian butuh direstorasi dan kondisinya cukup parah," kata Findy.

Sementara, melihat harga pasaran di situs jual beli online, BMW E30 ada juga yang dipasarkan dengan harga Rp 59 juta untuk lansiran 1989. Namun, untuk tahun yang sama, ada juga yang menjualnya dengan harga Rp 95 juta.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik per Februari 2024, Bertambah Chery dan BMW

Perbaikan bagian yang keropos pada BMW E30 di Fins GarageKOMPAS.com/DONNY Perbaikan bagian yang keropos pada BMW E30 di Fins Garage

Untuk lansiran 1991, BMW E30 dipasarkan dengan harga yang lebih variatif lagi. Ada yang dibanderol Rp 78 juta, tapi ada juga yang harganya tembus Rp 175 juta.

Namun, perlu diketahui bahwa membeli mobil klasik seperti BMW E30 punya penyakit umum seperti keropos. Sehingga, perlu pengecekan yang cukup detail, khususnya pada bagian kolong mobil.

Harga yang variatif tersebut juga terpengaruh tidak hanya dari eksteriornya. Tapi, bagian interior dan aksesori juga perlu 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com