Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Aksesori BMW E30 yang Paling Banyak Dicari

Kompas.com - 12/02/2024, 19:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merestorasi mobil klasik, seperti BMW E30, pada umumnya cukup sulit. Sebab, beberapa komponennya ada yang sudah berhenti diproduksi, termasuk dengan aksesorinya.

BMW E30 belakangan ini kembali populer di tengah para pecinta otomotif roda empat. Banyak orang mulai membangun kembali atau merestorasi sedan Eropa tersebut.

Baca juga: Restorasi BMW E30 Catatan Si Boy, Bujet Mulai Belasan Juta Rupiah

Findy Dony, pemilik bengkel spesialis BMW E30 Fins Garage, mengatakan, aksesori yang paling banyak dicari untuk BMW E30 adalah bagian karet. Bahkan, menurutnya, bagi para pemilik BMW, mobil dengan karet yang masih baru, tidak getas, tidak retak-retak, jadi kebanggaan tersendiri.

Karet pada BMW E30 dengan kondisi yang sudah getasKOMPAS.com/DONNY Karet pada BMW E30 dengan kondisi yang sudah getas

"Aksesori yang paling banyak dicari sih karet, kemudian lampu. Tapi, karet sih yang paling banyak. Kalau tombol-tombol, tidak terlalu banyak dicari," ujar Findy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Karet E30 kalau kita beli baru dari Jerman, satu pintu aja bisa Rp 6 jutaan. Kalau empat pintu, ya tinggal dikalikan empat saja," kata Findy.

Baca juga: BMW E30 Tampil Ceper, Jadi Makin Ganteng

Findy menambahkan, untuk karet pelipit kaca termasuk aksesori yang sering mengalami getas. Harga karet tersebut bisa mencapai Rp 900.000.

Salah satu aksesori BMW E30 yang banyak dicariKOMPAS.com/DONNY Salah satu aksesori BMW E30 yang banyak dicari

"Satu pintu ada dua kan, pelipit luar dan pelipit dalam, satunya itu Rp 900.000. Apalagi, lis-lis yang lapis krom (di pintu dan di kaca). Kalau beli baru, harganya bisa Rp 1,5 jutaan," ujarnya.

Meski demikian, tetap banyak pecinta otomotif yang tertarik untuk merestorasi BMW E30.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com