Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Desain Polytron Fox R, Motor Listrik Bongsor yang Ekonomis

Kompas.com - 09/02/2024, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik buatan dalam negeri sekarang makin banyak pilihannya. Salah satu yang menarik perhatian adalah Polytron Fox R, harganya Rp 13,5 juta tapi desain seperti skutik bongsor.

Secara tampilan, Fox R bisa dibilang jadi satu-satunya motor listrik dengan model skutik bongsor di rentang harga belasan juta Rupiah. Sedangkan motor lain di harga tersebut modelnya seperti motor listrik yang ringkas atau seperti skutik konvensional.

Layaknya skutik bongsor, bagian bodi depan dari Fox R lumayan besar. Lampu depan sudah full LED dan sudah ada DRL serta lampu sein yang agresif.

Baca juga: Polytron Percaya Diri Fox S Bisa Laris

Polytron Fox RKOMPAS.com/FATHAN Polytron Fox R

Lalu ada windshield besar, jadi cocok buat melawan Honda PCX atau Yamaha NMax secara tampilan. Model setang pun telanjang, benar-benar layak seperti skutik bongsor.

Bagian instrument cluster, modelnya sudah full digital, berisikan informasi yang lengkap dari keepatan, sisa baterai, odometer, dan trip meter. Serta informasi lain, seperti indikator posisi gigi, standar samping turun, mengerem, lampu jauh, sampai kalau ada eror di ECU, dinamo, dan gas.

Beralih ke bagian samping, desainnya sebenarnya tidak terlalu agresif tapi kelihatan dinamis. Dek terluhat panjang layaknya motor listrik kebanyakan, bodi belakang cenderung simpel, cuma ada logo yang timbul Fox R Electric.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Hari Ini

Polytron Fox RKOMPAS.com/FATHAN Polytron Fox R

Bagian detail yang cukup unik ada di pelindung swingarm yang besar dimensinya. Modelnya bikin  padat tampilan samping, bahkan seperti ilusi ada CVT layaknya skutik konvensional, padahal cuma pemanis saja.

Bisa dilihat juga dari samping kalau Fox R menggunakan pelek 13 inci dengan tapak yang lebar. Pelek depan memakai model dual tone five spoke, sedangkan yang belakang merupakan dinamo tapi ada arna krom di bibir pelek.

Bahas bagian belakang, desain lampu kombinasi cukup sederhana, ukurannya besar mengikuti bodi. Lampu rem berupa LED bar yang memanjang dari kiri ke kanan, tapi buat lampu sein masih pakai bohlam.

Secara keseluruhan, Fox R cocok buat yang mencari motor listrik tapi tampilannya seperti skutik bongsor. Harganya kami bilangjuga sangat kompetitif, Rp13,5 juta saja dengan sewa baterai per bulannya bayar Rp 200.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com