Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Halmahera Rilis 2 Bus Baru, Tampil Premium Pakai Sasis Scania

Kompas.com - 06/02/2024, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menambah empat unit bus, akhir 2023 lalu, kali ini perusahaan otobus (PO) Halmehera kembali merilis dua unit bus baru

Unit tersebut nantinya akan diperuntukan sebagai bus AKAP untuk memperkuat pesaingan bus di jalur Sumatera. Bus tersebut tampil mewah dan modern dengan untuk memberikan layanan Royal Class.  

Sama seperti sebelumnya, nuansa premium makin kuat lantaran ditopang oleh sasis tronton Scania K410CB 6x2.  Sasis ini dilengkapi mesin bertenaga 410 Tk serta teknologi opticruise.

Ternologi tersebut membuat pengemudi dapat melakukan perpindahan kecepatan yang halus sehingga diklaim dapat meningkatkan kenyamanan pada penumpang.

Alasan ini mengapa sasis ini dipilih, karena dianggap tangguh untuk menaklukan jalur Sumatera yang identik menantang dengan medan ekstrem.

Baca juga: Bahaya Menghindari Jalan Berlubang buat Pengendara Motor, Nyawa Bisa Melayang

Bus baru PO HalmaheraInstagram @Laksanabus Bus baru PO Halmahera

Baca juga: Marquez Tolong Morbidelli Saat Kecelakaan, Sempat Tak Sadar

Beda dari sebelumnya, kali ini bus menggunakan bodi Legacy SR3 Suites Combi. Bodi Legacy SR3 Suites Combi punya ciri khas desain interior yang mewah dengan dua jenis model kursi dalam satu kabin.

Pada area depan merupakan bangku penumpang model reclining seat untuk kelas eksekutif konfigurasi 2-1. Sementara itu pada area belakang merupakan bangku kelas sleeper seat.

Pada area belakang juga dilengkapi dengan satu unit toilet. Ada juga sekat pemisah ruang kabin penumpang, kru bus, serta dua unit TV.

Bus baru PO HalmaheraInstagram @Laksanabus Bus baru PO Halmahera

Secara tampilan, bus masih tetap menggunakan desain DNA dari bus milik PO Halmehera yakni warna merah. Tidak ketinggalan disematkan livery dari permainan garis kuning, putih dan biru yang menghiasi bodi samping bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com