Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airlangga Hartarto Jadi Pemilik Pertama Omoda E5 di Dunia

Kompas.com - 05/02/2024, 18:49 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menjadi konsumen pertama Omoda E5 di dunia.

Hal itu diungkapkannya jelang launching Omoda E5 di Indonesia yang kemudian dikonfirmasi oleh Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Qu Jizong, Senin (5/2/2024).

"Jadi, mobil ini launching pertamanya di Indonesia dan mampu menempuh jarak hingga 430 kilometer," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Baca juga: Chery Omoda E5 Pakai Baterai LFP, Simak Keunggulannya

Omoda E5 milik Airlangga HartartoKOMPAS.com/RULY Omoda E5 milik Airlangga Hartarto

"Mobil ini diproduksi lokal sampai 300 unit sampai Desember 2023 lalu. Konsumen pertamanya, yang punya mobil kuning ini, saya," lanjut Airlangga.

Pada kesempatan sama, Qu Jizong pun mengamininya. Mobil sudah diboyong oleh Airlangga dengan balutan warna kuning, kelir kesukaannya.

Sementara konsumen kedua, ialah selebriti papan atas Raffi Ahmad yang disebut akan ikut meramaikan seremoni peluncuran Omoda E5 malam nanti.

Baca juga: Pekan Terakhir Januari 2024 Terjadi 1.933 Kecelakaan di Indonesia


"Benar, (konsumen) pertama di dunia ialah Pak Airlangga," ucap dia.

Sebelum meninggalkan area, Airlangga juga menyempatkan diri untuk menjajal langsung mobil barunya itu di sekitar lobi Glasshouse, Jakarta.

"Mobilnya enak, canggih dan tidak ada suaranya," kata Airlangga.

Omoda E5 sendiri disebut akan memakai baterai Lithium Ferro Phospate (LFP) dengan kapasitas 61 kWh. Baterai ini akan menghasilkan tenaga listrik pada roda depan.

Test drive Chery Omoda E5KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test drive Chery Omoda E5

Dipercaya tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 204 Hp. Sedangkan daya tempuhnya bisa mencapai 450 kilometer.

Dapur pacu tersebut juga dipercaya bisa membuat Chery Omoda E5 mencapai kecepatan 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,6 detik.

Selain itu, pengecasan mobil juga didukung dengan teknologi pengisian daya cepat (fast charging). Dengan daya 110 kW DC, baterai bisa dicas 0-80 persen dalam 30 menit.

"Soal harga dan spesifikasi lengkapnya, nanti kita akan saksikan bersama pada momen launching yang digelar 19.00 WIB ini," tutup Qu Jizong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com