Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Senang Pertamina Tidak Kerek Harga BBM di Februari 2024

Kompas.com - 05/02/2024, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk tak menaikkan harga seluruh bahan bakar minyak (BBM) umum di tengah tren kenaikan harga minyak mentah dunia pada Februari 2024.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut hal ini baik dilakukan guna menjaga stabilitas dan daya beli masyarakat walau SPBU di kompetitor lain naik.

"Keputusan Pertamina tidak menaikkan harga BBM tentu baik untuk menjaga stabilitas dan daya beli masyarakat," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (4/2/2024).

Baca juga: Jawab Tantangan Mitsubishi Xpander HEV, Toyota Siapkan Avanza Hybrid?

Ilustrasi SPBU Pertamina.KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi SPBU Pertamina.

"Disinilah peran BUMN kepada masyarakat Pertamina juga sudah melakukan efisiensi dalam proses bisnisnya sehingga bisa menghasilkan BBM dengan harga terbaik,” kata Erick.

Menurut ketentuan Keputusan Menteri ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga JBU atau BBM Non-Subsidi, per 1 Februari 2024 operator hilir migas telah melakukan penyesuaian harga BBM di SPBU.

Namun, khusus harga BBM di SPBU Pertamina tidak mengalami kenaikan atau masih sama dengan periode Januari 2024.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan jika keputusan tersebut diambil karena perseroan telah menjalankan efisiensi dengan digitalisasi yang terintegrasi pada semua proses bisnis dari hulu ke hilir.

Baca juga: Layani 1 Koridor, Bus BTS Hadir di Bekasi Awal Maret 2024

Penyesuaian tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dinilai akan memengaruhi operasional bisnis SPBU.SHUTTERSTOCK/ANDRI WAHYUDI Penyesuaian tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dinilai akan memengaruhi operasional bisnis SPBU.

Dampaknya, terdapat efisiensi biaya produksi sehingga bisa memberikan harga jual BBM terbaik ke masyarakat

"Harga BBM di SPBU Pertamina lebih kompetitif. Sebagai BUMN, dalam penetapan harga BBM non-subsidi, kami tetap mempertimbangkan banyak aspek, termasuk daya beli masyarakat," ujar Nicke.

"Dengan digitalisasi ini yang bisa merubah operating model atau cara bekerja yang pada akhirnya bisa menciptakan value dalam bentuk cost optimization," tambahnya.

Alhasil, Pertamina bisa memproduksi dan memberikan BBM dengan harga yang lebih baik kepada masyarakat yaitu tidak menaikkan harga BBM di seluruh SPBU-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com