Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Menghindari Jalan Berlubang buat Pengendara Motor, Nyawa Bisa Melayang

Kompas.com - 05/02/2024, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini kejadian pengendara motor tanpa identitas tewas terlindas bus Transjakarta di daerah Cawang, Sabtu (3/2/2024) malam.

Dikutip dari Kompas Megapolitan, saksi mata bernama Laurentius mengatakan, korban terjatuh dari motornya dan langsung masuk ke dalam kolong bus.

"Ada mobil tiba-tiba rem mendadak karena ada suara apa. Yaudah (korban) udah ada di kolong (bus)," kata Laurentius dikutip dari YouTube Kompas TV.

Baca juga: Cerita Marquez Menolong Morbidelli Saat Kecelakaan di Portimao

Ilustrasi jalan berlubang.KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Ilustrasi jalan berlubang.

Menurut warga, korban melajukan sepeda motornya dengan kencang dari arah UKI menuju Cawang. Namun, korban hilang kendali dan terjatuh dari motornya saat menghindari jalan berlubang di sekitar lokasi kejadian.

Nahas, bus Transjakarta melaju tepat di belakang korban sudah terjatuh di jalan hingga akhirnya kecelakaan tak terelakkan.

Menanggapi kejadian seperti itu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, pengguna jalan itu harus memiliki kemampuan antisipasi terhadap segala kemungkinan terburuk.

Baca juga: Yamaha Fazzio Pakai Baju Baru, Harga mulai Rp 22 Jutaan

"Misal, tidak cuma objek yang bergerak, tapi juga yang diam. Kadang ada lubang tidak terlihat, jalan mulas tiba-tiba ada," kata Jusri kepada Kompas.com, Senin (5/2/2024).

Jusri memberikan tips bagaimana pengendara motor bisa menghindari celaka saat berhadapan dengan lubang. Pertama usahakan tidak memakai jalur yang berlawanan buat menghindar.

"Kedua, bergerak perlahan untuk melintasi lubang. Ketiga kalau terpaksa lewat jalan lawan, cek bahaya dari belakang dan depan," kata Jusri.

Jangan pernah lakukanmanuver zig-zag saat melewati lubang, jadi ya memang harus dihadapi. Kalaumisal manuver zig-zag, dampaknya pengendara motor bisa hilang keseimbangan, hilang kendali, yang akhirnya terjatuh sampai celaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com