Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kesalahan Fatal Saat Pemasangan Kaca Film Mobil

Kompas.com - 02/02/2024, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu aksesoris yang paling jamak dipakai ialah kaca film mobil. Pemasangan kaca film bertujuan untuk mengurangi intensitas cahaya yang menembus kaca kendaraan.

Aidil FB Swastomo, Kepala Departemen Servis Purnajual Astra Peugeot, mengatakan, pemasangan kaca film yang tepat pada mobil mampu mengurangi intensitas cahaya ke kabin sehingga lebih sejuk.

Baca juga: Pengendara Motor Wajib Waspada, Jalan Beton Lebih Licin dari Aspal

"Sebaliknya, pemasangan tidak tepat bakal mengurangi dari segi kenyamanan serta keamanan. Pemasangan tidak benar akan menyebabkan kerusakan kaca film maupun komponen bagian dari kendaraan itu sendiri," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (2/2/2024).

Kaca film V-Kool V-Kool Kaca film V-Kool

Aidil menyebut, ada dua kesalahan yang cukup fatal dalam memasang kaca film, ialah permukaan kaca film. Pertama, kaca film tidak menempel penuh sehingga sering terjadi gelembung-gelembung udara.

"Terjadi gelembung udara yang terjebak pada kaca film. Jika hal ini terjadi maka akan mengurangi umur pakai dari kaca film tersebut," katanya.

"Pemasangan kaca film tidak bisa dipasang sendiri perlu dilakukan oleh yang ahli. Artinya, kalau dari awal pemasangannya itu tidak tepat, pasti umur kaca filmnya tidak akan awet," ujar Aidil.

Baca juga: Kalahkan Jepang, China Jadi Eksportir Mobil Terbanyak Dunia

PASANG KACA FILMRAJA AUDIO DAN VARIASI PASANG KACA FILM

Kesalahan kedua, kata Aidil, ialah penggunaan cairan kaca film yang masuk ke rongga-rongga pintu door trim ataupun dashboard.

"Petugas professional biasanya menggunakan perangkat standar pada sela-sela antara kaca dengan door trim dan dashboard. Jika hal ini tidak dilakukan maka bisa terjadi kerusakan pada komponen elektrikal dari kendaraan tersebut," katanya.

Perlu diketahui kata Aidil, komponen elektrikal memiliki jalur yang tersambung dengan komponen lainnya, bisa memungkinkan akan mengalami kerusakan yang cukup fatal pada kendaraan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com