Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Depan Mobil Hybrid Terancam BEV, Harga Sudah Kalah Murah

Kompas.com - 02/02/2024, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini produk kendaraan ramah lingkungan di Indonesia semakin banyak, khususnya jenis mobil listrik murni alias Battery Electric Vehicle (BEV).

Dalam satu tahun belakangan saja, sedikitnya ada 17 model BEV yang melantai di pasar nasional.

Mayoritas dari mereka kompak menawarkan harga terjangkau di bawah Rp 500 jutaan, mulai dari Wuling Air ev Lite, Seres E1, MG4 EV, sampai Neta V.

Situasi ini terjadi seiring hadirnya beragam insentif pemerintah seperti pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) melalui PP 74/2021 serta diskon PPN 10 persen (PMK 38/2023).

Guyuran insentif ini juga membuat harga mobil listrik kini jadi lebih murah dari mobil hybrid. Salah satu faktor utama pemicu konsumen di Indonesia ketika hendak beli mobil baru.

Baca juga: Baterai LFP Tesla Pakai Punya BYD

Neta V. Dok. Neta Neta V.

Fakta Data

Pada tahun ini, BEV juga dibebaskan dari tarif impor utuh, tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 79 Tahun 2023. Membuat produsen seperti BYD dan VinFast ikut mencoba peruntungannya.

Sementara mobil ramah lingkungan jenis lain, hibrida alias Hybrid Electric Vehicle (HEV), di periode sama hanya ada 10 model baru, yaitu Suzuki XL7 Hybrid, CR-V RS e:HEV, hingga Yaris Cross Hybrid.

Walau hanya diberikan keistimewaan tarif PPnBM lebih murah dari kendaraan konvensional yaitu 15-20 persen, menariknya dari sisi penjualan HEV masih jauh lebih besar dari BEV.

Tercatat dalam data Gaikindo, dari total penjualan electric vehicle (EV) alias kendaraan elektrifikasi, adalah 69.763 unit. Faktanya, segmen HEV menguasai 75,3 persen dengan torehan 52.568 unit.

Sedangkan BEV terhenti di 17.058 unit diikuti jenis Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) 137 unit. Data terkait merupakan penjualan sepanjang Januari-Desember 2023.

Melihat pasar BEV yang makin ramai dan lebih murah, lantas bagaimana nasib HEV?

Baca juga: Antisipasi Libur Panjang, Angkutan Barang Kembali Dibatasi

Mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Mobil listrik MG4 EV

Untuk itu, redaksi Kompas.com  berbincang dengan beberapa pengguna BEV dan HEV di Indonesia guna mendengar langsung plus-minus dari kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Harga dan Fitur

Pembanding pertama yang paling menjadi sorotan ialah mengenai harga jual kendaraan. Pada kesempatan kali ini, redaksi berbincang dengan satu orang pengguna Yaris Cross Hybrid dan MG 4EV, dua model yang mewakili jenis teknologi HEV dan BEV dengan harga yang saling beririsan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com